Jumat, 28 Juni 2013

[Resensi] Silabus menulis fiksi yang wajib dimiliki



Judul Buku : Silabus Menulis Fiksi.
Pengarang : Edi akhiles (CEO DIVA Press Group).
Penerbit : DIVA Press.
Tahun Terbit : 2013.
Tebal : 43 halaman.
Harga : Gratis.

Apa yang terdapat dipikiran kamu jika ada penawaran buku secara gratis? Pasti ingin mendapatkannya. Nah, ini yang terjadi denganku karena untuk mendapatkan silabus menulis fiksi bisa diperoleh secara GRATIS (hanya membayar ongkos kirim). Kesempatan ini tidak aku sia-siakan, langsung aja memesan silabus menulis fiksi ini.

Mengacu kepada judul yaitu Silabus Menulis Fiksi, jadi pembahasan buku ini secara detail tentang fiksi, jadi semuanya berisi "daging semua" , nggak ada sampirannya. Dimulai dari bagaimana menulis alur cerita, setting / Latar Cerita hingga memberikan pembahasan tentang logika cerita. Untuk pemula seperti aku, pembahasan dari silabus ini sangat mudah untuk dimengerti. Contohnya pada pembahasan setting / alur cerita, di silabus ini akan diberikan dua contoh mana setting yang baik mana yang tidak, kemudian akan diulas jika setting / alur cerita yang baik juga mencakup tokoh alur cerita yang harus kuat pada bingkai cerita.

Di silabus ini juga dibahas tentang logika pada cerita, meskipun kita menulis fiksi, tetap ada logika dalam cerita fiksi kita. Contohnya logika karakter pada tokoh ; sesuaikan dialognya dengan berapa usia tokoh yang kamu ciptakan, masak iya sih umur tokoh yang kamu ciptakan adalah usia remaja tetapi dialognya kayak tokoh agama (pemberi nasihat yang cukup berat).

Bahasa yang digunakan dalam silabu ini sangat dimengerti apalagi ada bahasa nonformal (bahasa gaul) ada singkatan LOL, yang seperti ini membuat membacanya tidak bosan. Cukup diketahui jika si pengarang silabus ini yaitu Pak Edi akhiles (pengarang CEO koplak, Rogoh ah, Andai aku jalan kaki, dll) sangat fenomenal dengan penuturan yang tidak menggurui tetapi "kena" pada pembaca (gaul lah untuk ukuran CEO). Apalagi dengan penuturannya yaitu : "Saya percaya betul bahwa siapa pun bisa menjadi penulis! Tetapi syarat mutlaknya adalah 5% kerja keras, 5% kerja keras, dan 90% kerja keras! Menulis itu adalah menulis itu sendiri. Wah, jadi makin bersemangat untuk terus menulis ya?

Silabus yang memang berbentuk buku dengan tebal 45 halaman dibalut dengan cover kuning yang bikin semangat mata. Halamannya kayak kertas buram gitu (ya, iyalah ini gratisan) tapi tenang aja nggak bikin mata malas membaca, karena layoutnya tidak membikin bosan mata.

4 komentar :

  1. Maju terus mbak :)

    *Blog Eotika*

    BalasHapus
  2. ajarin nulis fiksi yang bagus mbak :) ngarepdotcom
    semangat terus utk menulis ya mba

    BalasHapus
  3. hihihi aku juga masih belajar mak :D

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))