Rabu, 25 Desember 2013

[Review] 50 Cerita Klasik Nusantara dan Dunia paling inspiratif (Mendongeng makin asyik)



Judul : 50 Cerita Klasik Nusantara dan Dunia Paling Inspiratif.
Pengarang : Indri Noor, dkk
Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2012
Tebal Buku : 250 halaman

Keuntungan memenangkan Giveaway dari teman-teman yaitu mendapatkan buku secara gratis, iya! tak jarang mendapatkan buku yang telah kita idam-idamkan. Berhubung aku lagi senang-senangnya membuat dongeng anak (meskipun masih menulisnya di blog) membutuhkan referensi cerita dongeng sangatlah diperlukan untuk memperkaya cerita.

Buku ini merupakan kumpulan dongeng yang ditulis oleh member Ibu-ibu Doyan Nulis dan kebetulan aku juga merupakan salah satu member meskipun baru bergabung tahun 2013 (lebih dahulu buku ini yang terbit). Buku dongeng ini merupakan hasil cerita ulang dari berbagai sumber, itu terlihat dari adanya daftar pustaka dibagian akhir buku ini. Menceritakan ulang berarti bercerita dengan menggunakan bahasa sehari-hari merupakan poin plus pada buku ini. Diawali dengan 25 Legenda Klasik Nusantara yang memang sering kita dengar saat masih kecil (Malin Kundang, Bawang Merah, Bawang Putih, dll). Kemudian akan dilanjutkan dengan dongeng Dunia.

Seperti halnya jika cerita yang diceritakan kembali sesuai dengan gaya bercerita kita, kurang lebih akan tampak beda dengan aslinya (text book). Tetapi tidak mengurangi pesan moral yang terkandung dalam kumpulan dongeng ini. Cocok juga bagi Ibu-ibu yang mendongengkan anaknya sebelum tidur.

1 komentar :

  1. Wah seru . Istri saya dulu juga pernah menerbitkan 2 buah buku cerita anak anak. Penerbitnya PT WILDAN Semarang,

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))