Rabu, 19 Februari 2014

Marketing Is Bullshit

Marketing Is Bullshit


Penulis : Ippho Santosa.

Penerbit : Elex Media Komputindo.

Tahun terbit : Cetakan ke-12, Mei 2011.

Halaman : 181 halaman.

ISBN : 978-979-27-4339-5

Blurb : 

Setelah 10 Jurus Terlarang dan 13 Wasiat Terlarang sold out di mana - mana, diliput hampir seluruh stasiun televisi, dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), kini Ippho Santosa hadir dengan Marketing is Bullshit sebuah buku yang ditunggu - tunggu marketer, sentererneur, dan networker di Indonesia dan Singapura. Intinya, meledakkan profit hingga 2 kali lipat dalam 6 bulan berbekal kreativitas dan otak kanan. Di dalamnya terdapat 88 trik kreatif, ide liar dan studi kasus senilah Rp. 180 Juta, di antaranya :

- Mengaktifkan hoki, membuang sial.
- Mengaktifkan intuisi kurang dari satu detik.
- Membuat pelanggan jadi pesuruh.
- Menyulap sakit jadi duit.
- Menyulap sampah jadi rupiah.
- Menyulap ide jadi income.
- "Menambak Mampus" pesaing.
- Promosi dengan biaya nyaris nol.
- Mengaktifkan Pla A, membuang Plan B.
- Menjadi creative marketer tanpa batas.

Resensi :

Saat bersih - bersih rumah, ternyata ketemu buku ini. Ketika membeli buku Marketing Is Bullshit, saat menginjak bangku kuliah. Mengumpulkan uang dari godaan - godaan beli pulsa, semakin terasa puas dan bangga akhirnya bisa membeli buku yang aku mau.

Buku yang ditulis oleh Ippho Santosa yang terkenal akan kanannya ini, merupakan buku yang ringan. Jangan pernah berpikir jika buku ini akan membahas tentang teori - teori marketer. SALAH BESAR! karena enggak ada teori satpun yang dibahas di buku ini. Seperti yang ada dipikaranku pertama kali, ketika membeli buku. Isi dari buku Marketing is bullshit, merupakan sekumpulan cerita dari orang - orang hebat dan dikemas dengan humor, ya anggap saja humornya hanya bikin senyum simpul saja, dan termasuk humor cerdas.

Diawali dengan humor tentang bab yang akan dibahas, kemudian dilanjutkan dengan kisah - kisah orang hebat, yang tidak hanya berasal dari luar Negeri, di dalam Negeri tidak kalah banyak orang - orang hebat. Setelah membaca, akan ada ringkasan perbab. Tentusa saja kita juga boleh untuk meringkas suatu kisah dari orang - orang hebat sesuai dengan pemahaman kita.

Ada 8 Bab yang semuanya mencerahkan, seperti pada Bab Terobosan adalah Pemborosan. Membahas tentang kisah perusahaan mobil dari India yaitu Perusahaan Tata. Ketika semua perusahaan mobil terus menerus berinovasi untuk memproduksi yang super canggih sebagai terobosan yang mutakhir. Lain halnya dengan Perusahaan Tata, memproduksi yang super murah pada tahun 2008. Apa terobosan yang dilakukan Perusahaan Tata sehingga menguatkan citranya sebagai perusahaan yang memiliki terobosan baru di kelasnya? Perusahaan Tata melakukan evaluasi terhadap mobil - mobil yang beredar di pasaran. Mobil yang diproduksi perusahaan Tata, tidak akan menemukan power steering, power window, technometer, radio, dan AC. Yang ada hanya speedometer analog, serba hemat. Dan bisa membawa pulang mobilk tersebut dengan harga 28 juta rupiah saja! Hal ini membuktikan justru suatu terobiosan tidak harus melakuan sebuha inovasi yang super duper canggih. Lihat saja segmen pasar yang diincar dan lakukan riset agar produk anda menjadi berbeda dari pesaing.

Buku ini memang ringan tetapi banyak ilmunya. Sayang, halaman untuk testimoni terlalu banyak, kira - kira enam halaman. Andai saja kisah - kisah orang hebat ditambah satu bab lagi.

Terobosan tidak harus berujung pada pemborosan.Sekitar 25 -50 persen dapat anda hemat - namun tetap hebat dengan macam - macam cara. Di antaranya :
- meninjau kembali komponen - komponen yang betul - betul dibutuhkan.
- mengolah kembali bahan - bahan sisa.
- menjadikan barter sebagai sistem pembayaran.
- menjadikan konsumen sebagai co-producer.- nenetapkan harga yang pasti dan wajar.
- berkomunikasi via internet.
- berpromosi via telepon genggam.

1 komentar :

  1. resensi yang bagus, dulu saya pernah menghadiahi seseorang dengan buku ini karena pada saat itu buku ini best seller di gramedia kota saya :)

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))