Senin, 14 September 2015

[Blog tour + Giveaway] Rentak Kuda Manggani

Judul : Rentak Kuda Manggani (kumcer)

Penulis : Zelfeni Wimra dkk

Editor : Addin Negara.

Tahun terbit : Cetakan pertama, Agustus 2015.

Penerbit : DIVA Press.

ISBN : 978-602-255-954-2










Blurb :

Kembali ke rumah masing - masing adalah kembali memasuki diri. Mengetuk dan menyapa ruang - ruang perenungan. Menghirup napas sedalam mungkin sehingga bisa memaknai kesendirian.
Zelfeni Wimra - Rentak Kuda Manggani.

Malam ini seharusnya kami berada di rumah, menyiapkan kado - kado di bawah pendar lampu pohon Natal, bernyanyi, menikmati sukacita serta hidangan yang enak bersama keluarga. Tetapi perang telah membawa kami jauh dari rumah.
Adam Yudhistira - Stille Nacht.

Ia tidak melukaiku, sungguh, tapi aku begitu terluka. Kematiannya bagiku adalah cara Tuhan mengembalikanku ke tempat kami pertama saling menambatkan cinta.
Faisal Oddang - Lelaki yang Takut Menyeberang.

Perkenalan kalian seperti malam yang turun di Ormoc - terjadi begitu saja. Mungkin juga kau tidak terlalu mengharapkannya, seperti huja renyai yang bersikeras bertahan di kota itu.
W.N. Rahman - Sebelum Mencapai Tacloban.

Di belakang punggungnya, kusaksikan puluhan orang mengikuti kakinya melangkah. Pemimpin agama, para pejabat pemerintahan, polisi, para guru, kaum migran, anak - anak telantar, dan pelacur.
Yohanes W.Hayon - Pegawai Pajak.


Resensi :

Judul yang menarik, bikin penasaran. Awalnya jiper juga kalau baca ini, terkesan nyastra kalau dilihat dari judulnya. Nah, kalau nyastra takutnya otakku nggak "sampai" nih kalau baca yang "berat - berat" hehehhe.. Tenang, kumcer ini nggak "berat", malah beberapa kumcer menyuguhkan ending yang nggak terduga.

Kumcer ini kumcer yang termasuk "mewah" bagiku. Karena dilihat dari beberapa penulisnya, ada penulis yang memang terkenal di dunia literasi, dan aku suka dengan tulisan mereka di berbagai media. Misalnya Yetti A.KA  yang memang spesialis cerpen yang karyanya bisa dinikmati di berbagai media cetak atau berupa kumcer. Ya, rasanya dapat rejeki nomplok saat tau banyak penulis yang terpilih dalam kumcer Rentak Kuda Manggani. Bingung juga memilih cerpen yang menarik hati, hmmm baiklah, cerpen berikut yang memuaskan hati *halah* :

Rentak Kuda Manggani

Selain cerpen ini merupakan judul dari kumcer, dan penulisnya yang kece badai yaitu Zelfeni Wimra yang banyak memiliki penghargaan. Ini cerpen yang menarik perhatian. Minim percakapan, namun kaya akan deskripsi. Deskripsi yang mampu membawa pembaca (saya) ke puluhan tahun yang lalu. Dimana mengangkat pesona kota Padang, ya tentu saja aku belum tahu bagaimana keadaan alam atau sosial dari Padang. Tetapi, penulis bisa memberikan gambaran Padang antara beberapa tahun yang silam dengan tahun kini. Cerita yang bagus, cerita yang membuat pembaca hanyut ke dalam cerita, seakan - akan kita memang hidup di dalam cerita, dan bikin susah move on. apalagi cerita Rentak Kuda Manggani bertemakan penyesalan seorang "Aku" akan masa lalunya yang ia tinggalkan. Ingin menebus dosa yang ia perbuat, malah tak ada kesempatan kedua baginya. Nah loh, bikin galau - able.

Andai kata sudah tiba waktunya, sakit yang tiada obatnya itu menghampiriku dan aku berhadapan dengan tapal batas usia, aku ingin tidak ada lagi desir ngilu yang mencucuk hulu hati. Desiran yang berasal dari perasaan bersalah telah meninggalkannya di Manggani. - halaman 36

Tentang seorang kucing dan ingatan - ingatan lainnya.

Iya, karena Yetti A.KA merupakan penulis favorite, cerpen ini juga memikat hati. Sebenarnya cerpen ini sederhana, malah sangat sederhana. Nggak seperti cerita lainnya yang memakai diksi yang indah, atau ending yang berdecak kagum. Namun, menurutku, cerita sederhana yang bikin mewek, karena mengangakat tema tentang ikatan antara anak dan orangtua. Ada hal yang sederhana dan luput dari mata, yaitu tentang kasih sayang seorang ayah.

Lelaki yang takut menyeberang jalan.

Cerpen yang satu ini, perlu dibaca perlahan - lahan, karena pertama kali endingnya masih bikin aku tulalit, "eh ini aku maksudnya siapa?". cerpen dengan twist ending yang "mulus" tapi tetap aja bikin "loh, bisa gitu ya?" dan kemudian senyum - senyum sendiri, beneran romantis cerita cinta tentang dua generasi, tapi sedikit tergelitik dengan ending. Nah, loh penasaran kan ya...


.... dan masih banyak cerpen - cerpen yang memiliki twist dalam endingnya. cerpen yang mengalir karena adanya sebab - akibat, cerpen yang memang sudah umum tapi eksekusinya, masih bikin senyum - senyum, seperti cerpen dari Ken Hanggara yang berjudul Sepasang.

*tebar - tebar rasa penasaran bagi pembaca blogku.*

Mau dapetin 1 (satu) buah kumcer Rentak Kuda Manggani dan satu buah novel terbaru dari DIVA Press (judulnya masih dirahasiakan) Untuk satu orang pemenang. Yuk mari ikutan giveawaynya

Syaratnya :

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @divapress01 dan like FanPage Penerbit DIVA Press 
follow juga bloghost yang kece *tsaaah* @MentionSari

3. Share Giveaway ini dengan mention @divapress01 dan @MentionSari

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, dengan format jawaban :
Nama :
Akun twitter :
Akun facebook :
kota tinggal :
Link share :
Jawaban :


Pertanyaannya :

Sebenarnya ini bukan pertanyaan, hanya ingin seru - seruan sama peserta, hehehe.
Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata "kuda". Buatlah sebuah kalimat yang menarik.
Maksimal satu paragraf, nggak perlu panjang. Tulisan Fiksi maupun nonFiksi, bebassss. Nggak ada yang salah atau yang benar, hanya mencari peserta dengan kalimat yang paling menarik menurut aku. Ingat nggak boleh SARA atau SARU. Yuk lah mari mainkaaaaaaan.

Misalnya : Hmmm... jadi ingat tentang sate kuda. Pernah loh aku diajak teman untuk makan sate kuda, eh setelah sampai di tempatnya, lah kok langsung mual, iiihhh nggak tega rasanya makan sate kuda, kan kasihan..

ya terserah kamu kalimat kamu seperti apa, mari bersenang - senang dengan kata - kata...

Periode giveaway

14 - 20 September 2015

pemenang diumumkan pada tanggal 21 September 2015.

Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.

blogtour

36 komentar :

  1. Nama : Retno Nurul Aisyah
    Akun twitter : @nurulaisyah78
    Akun facebook : Retno Nurul Aisyah (https://www.facebook.com/retno.nurulaisyah)
    kota tinggal : Jatinangor, Sumedang
    Link share : https://twitter.com/NurulAisyah78/status/643252152765251584

    Jawaban : ketika kata kuda disebutkan saya dulunya selalu membayangkan kuda pegasus dalam film barbie. Kuda putih bertanduk yang cantik dan memiliki sayap di badannya. Ingin sekali rasanya menaiki kuda pegasus. Masih ingat, waktu itu dua hari setelah saya nonton pegasus, saya dikasih patung kuda pegasus pajangan oleh sepupu. Rasanya senang sekali bisa punya replika pegasus. Tapi pada akhirnya saya justru malah takut dengan kuda. Saat SMP, suatu kali saya ke pasar, di kota asal saya ada delman dengan nama "bendi". Saya tidak tahu salah apa, tapi waktu itu saya lewat di depan si kuda dan tiba-tiba kudanya mengamuk. Saya kaget dan langsung jejeritan, tidak bergerak dan mati kutu rasanya -_-. Pemilik kuda mencoba menenangkan tapi si kuda masih mengamuk, akhirnya saya ditarik oleh orang tua karena kudanya mengamuk sambil angkat kaki. Akhirnya sampai sekarang saya rada-rada serem kalo harus berdekatan dengan kuda. Hahaha.. Sekian :D

    BalasHapus
  2. Nama : Nurunnisa
    Akun FB : Niz Nurunnisa
    Link Share :https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=10203471003295943&id=1839131802&fs=4&ref=bookmarks

    Jawaban :
    Kuda? Itu sih Shio tahun kelahiranku. Tapi itu muncul setelah kuingat-ingat agak lama. Sementara hal yang pertama aku ingat ketika mendengar kata "kuda" adalah Jimbron. Apa ada yang mengenal sosok Jimbron? Yup. Jimbron adalah salah satu tokoh di Novel Sang Pemimpi, Novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Jimbron adalah satu teman Ikal di SMA yang sangat menyukai KUDA. Ketika sosok Arai diceritakan tentang mimpi-mimpinya, Jimbron selalu diceritakan tentang kecintaan sekaligus kegilaannya pada kuda. Sampai membuatku terheran-heran, apa ada orang seperti Jimbron yang teramat sangat mencintai dan menggilai sesuatu, contohnya Kuda? Jimbron bisa sangat mengetahui detil-detil keindahan dari Kuda yang bisa menjadikan kuda itu menarik. Padahal menurut orang lain seperti aku yang biasa saja terhadap kuda, malah berpikir, apa bagusnya kuda? Mungkin itu lah cinta. Rasa cinta Jimbron terhadap kuda yang tidak sampai di logika orang lain yang hanya melihat dari luar. Sama seperti rasa cinta kita terhadap manusia atau lawan jenis kan? Kita bisa sangat tahu detil-detil keindahan yang menjadikan seseorang yang kita cintai itu menarik, padahal yang orang lain lihat tentang orang yang kita cintai ya biasa aja. Cinta memang buta

    BalasHapus
  3. Akun twitter : @LiebeIs0503
    Akun facebook : Tri Yyusuf Ciduk
    kota tinggal : Palembang
    Link share : https://twitter.com/LiebeIs0503/status/643229018733473792
    Jawaban : kuda? ya langsung terpikir hewanlah. hewan berkaki empat yang biasa ditunggangi orang untuk sekedar jalan-jalan mengelilingi taman kalau ada di tempat wisata, tapi bisa jadi kuda adalah hewan yang elegan kalau terbayang para pelajar tertentu dengan seragam khas mereka menunggangi kuda dengan begitu gagahnya mengitari halaman, untuk belajar lebih giat agar bisa memenangkan lomba pacu kuda. hehe

    BalasHapus
  4. Nama : Velika Natalia
    Twitter : @VelikaNatalia
    Facebook : Coa (Velika Natalia) karna sulit kalau dicari biasa saya kasih linknya aja ya cekidot : https://m.facebook.com/?hrc=1&refsrc=http%3A%2F%2Fh.facebook.com%2Fhr%2Fr&_rdr#!/fransiska.v.natalia?ref=bookmarks
    Link Share : Lihat Tweet @VelikaNatalia: https://twitter.com/VelikaNatalia/status/643285657347993600?s=09
    Domisili : Semarang_an ajah ^.^

    Jawaban : Yups kita mulai menjawab :) Yang terlintas Ketikan mendengar kata "Kuda" saya teringat dimasa kecil ketika pulang ke Desa saya Purbalingga. Naik mobil kantor yang papa pinjem buat berlibur. Jaman bahula dulu pasti pakenya radio tape waktu mau nyetel lagu. Nah ga pernah absen lagu anak pasti diplay sepanjang perjalanan "plok plok plok suara kuda" jujur udah aga lupa liriknya ingetnya bagian itu doank. Tapi dari lagu itu inget betul dulu bisa naik kuda itu sesuatu yang ajaib bagi saya kuda tu hewan apa si berapa kakinya mungkin lebih pendek dari saya #padahalusiasayamungkinbaru5atau6th masih gencar banget fiksi soal kuda poni kuda bertanduk satu bersayap dalam pikir saya, saya bertanya-tanya sendiri karna masih kecil papa mama bilangnya iya iya aja buat nyenengin hati saya kali ya! Akhirnya Sepanjang perjalanan dari semarang-purbalingga karna kanan kiri sawah yang ditemui itu kerbau sapi kambing bebek ayam dan ga ngeliat ada kuda. Pertama kali naik kuda sendiri bukan di purbalingga tapi di bandungan #gubrak cerita jauh-jauh mentalnya bandungan jauh banget. Dan disitu gambaran yang terekam sampe saat ini kuda tu punya supir yang jalan megangi tali yg dipasang dikepalanya. Kuda tu tinggi pake kaca mata tapi ga ada lensanya. Kadang ada juga kuda yang gemerincing karna aksesoris yang banyak. Yang nyupir itu kuda pake topi kain kalau sekarang saya nyebutnya si kupluk. Ada dudukan diatas kudanya, dan mayoritas kuda warna coklat. Tapi ada kuda lain yang narik dokar dan itu lebih heboh aksesorisnya supirnya duduk bukan jalan. Sempet berfikir kuda doka itu bawa wcnya kemana mana. Ga perlu sungkan kalau mau buang-buang yang kotor-kotor.
    Semenyak tahu kenyataan saya ga yakin kuda bersayap kuda bertanduk itu beneran ada baru kepikir itu fiksi belakangan ini setelah gede.
    Lucu ya jadi #Nostalgia besok kalau anak saya tanya saya akan menjawab yang sebenar-benarnya. Naik kuda bukan hal ajaib lagi setelah saya tau semuanya hahahaha.

    Yupsss Sekian dulu terima kasih karna sudah membaca cerita saya smoga anak cucu kita masih bisa menemukan kuda dan berkesempatan menaikinya. Yeyyyy #HidupKuda

    Terima Kasih
    #GARentakKudaManggani

    BalasHapus
  5. Nama : pramestya
    Akun twitter : @p_ambangsari
    Akun facebook : pramestya ambangsari
    kota tinggal : temanggung
    Link share : twitter.com/p_ambangsari/status/643294391021367296

    Pertanyaannya :
    Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata "kuda".

    Desa, sawah, gajah mada, kerajaan, jaman dulu, putih, coklat, kekar, berbulu, rumput, ekor panjang, liur, suara khas, mimpi (aku pernah mimpiin kuda dulu waktu kecil), mahal, dhokar, jogja, adat, sultan.

    BalasHapus
  6. nama : Aula Bilal
    Akun Fb : Aula D'Virionheart
    Akun Twitter : @Virionheart
    Kota tinggal : Demak
    LIngk Share : https://twitter.com/Virionheart/status/643320000418177024

    Jawaban :
    untuk saat ini jika mendengar kata KUDA pasti inginnya memplesetkannya :D jadi sesuatu yang lain. ex: KUDApatkan buku Rentak Kuda Manggani, KUDAhan ah gak usah panjang-panjang njawabnya :D

    BalasHapus
  7. Syaratnya :

    1. Peserta tinggal di Indonesia

    2. Follow akun twitter @divapress01 dan like FanPage Penerbit DIVA Press
    follow juga bloghost yang kece *tsaaah* @MentionSari

    3. Share Giveaway ini dengan mention @divapress01 dan @MentionSari

    4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, dengan format jawaban :
    Nama : Henny Yuni Ceta Febronia Tamba
    Akun twitter : @henny256
    Akun facebook : Henny YuniCeta Febronia tamba
    kota tinggal : Kota Sibolga, Sumut
    Link share : https://twitter.com/henny256/status/643349223430205440
    Jawaban : Kuda. Hahaaa. Yang ada di lagu yang suara kakinya Tuk Tik Tak Tik Tuk Tik Tak Tik Tuk :v
    Masa kuda punya sepatu? =D
    Lucu dehhh :D

    BalasHapus
  8. Nama : Rizka Khaira
    Akun twitter: @rizkakhaira
    Akun Facebook: rizka khaira Bustami
    Kota tinggal: BAnda Aceh, Aceh
    Jawaban : kuda... ingatan itu telah bersinar kembali, dimana aku dan keluargaku bersusah payah menempuh perjalanan ke sebuah daerah di aceh yaitu takengon untuk menonton pacuan kuda disana, namun karena jalan yang menanjak dan berkelok membuat kami untuk tiba lebih telat dari yang kami kira sehingga pacuan kuda pun tak sempat kutonton. Jadilah istilah " dibayang pacuan kuda" hehe

    BalasHapus
  9. Ana Ainul Syamsi
    @ainulsyamsiana
    FB :https://www.facebook.com/anaainulsyamsi
    Jakarta Selatan
    https://twitter.com/ainulsyamsiana/status/643603836129513472

    Kuda? Sederhana, perasa, namun gagah perkasa.
    Kuda selalu sederhana namun istimewa. Bersahabat dengannya sesederhana mengusap, memberi makan, dan menjernihkan hati. Kuda begitu perasa, dia mengerti apa yang kita pikirkan saat menungganginya, jadi jangan pernah ragu padanya, dia akan bersedih. Jika sudah berani menungganginya, percayalah, dia tak akan melukai.
    Tunggangan terkuat Rasulullah, para mujahid, maupun ksatria dalam dongeng di medan perang. Atau sekedar sahabat pangeran dalam impian yang senantiasa berkuda putih.
    Kuda juga salah satu hewan paling setia pada pemiliknya loh. Dan yang paling isitimewa adalah berkuda dilibatkan dalam salah satu olahraga sunnah. Hanya kudalah yang yang berhasil terpilih memfasilitasi salah satu dari tiga olahraga yang dicontohkan baginda Rasulullah SAW :)
    Waah, betapa bangganya sang kuda... :)

    BalasHapus
  10. Nama : Sam Lukmana
    Akun twitter : @lukmana_sam
    Akun facebook : https://www.facebook.com/yowes.sam
    kota tinggal : Semarang
    Link share : https://twitter.com/lukmana_sam/status/643751180665925632

    Kuda. Jadi ingat masa kecil, suasana minggu pagi, dengan kartun-kartunnya, sebelum diteriaki mamah untuk segera ke gereja. "Kudaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman bertualaaang... :O "
    hahaha :v

    BalasHapus
  11. Nama : Eka Sulistiana
    Akun twitter : @ekasulistiana24
    Akun facebook : Eka Sulistiana
    Kota Tinggal : Palembang
    Link share : https://twitter.com/ekasulistiana24/status/643804794738507777
    Jawaban :
    Kuda. Seekor hewan yang sejak dulu sangat ingin aku tunggangi, tapi hingga detik ini masih belum kesampaian juga. Walau ada sedikit rasa takut untuk naik kuda, karena takut kudanya mengamuk, tapi tak seberapa jika dibandingkan dengan keberanianku. Kuda itu hewan yang begitu gagah, pemberani, dan kuat. Kuda juga erat kaitannya dengan kendaraan tradisional di berbagai wilayah di Indonesia,yaitu andong atau delman. Kuda juga mengingatkanku pada masa kecilku dulu, disaat aku sering menonton film kartun "Barbie". Karena, di film itu aku sering melihat kuda dengan beragam warna. Kuda putih menjadi favoritku.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Akun facebook : Agatha Vonilia Marcellina
    Kota tinggal : Jember
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/643814062728441858

    Hmmm ... Kuda ... Jadi, teringat si angkuh kuda poni dalam sebuah iklan. Lucuuu banget ya si anak kecil yang merayu kudanya untuk jalan. Dengan mencoba untuk menangkap penjahat sehingga si kuda poni harus cepat jalan terutama berlari. Menarik si kuda poni dan menepuk-nepuk punggungnya. Tapi, tidak ada hasilnya si kuda poni angkuh tetap diam dan tidak bergerak. Dia malah melengos seakan berkata, "Huh ... Mengganggu saja. Pergi sana! Hussshhh ...". Kurang lebih seperti itu perasaan si kuda poni. Lagipula mereka juga tidak akrab dan tidak saling mengenal. Akhirnya, si ayah gemas melihat kelakuan anaknya. Si ibu melarang suaminya untuk membantu anaknya biarkan anaknya berpikir mandiri. Diam-diam, si ibu memberitahukan anaknya bahwa kuda poni suka apel. Akhirnya, si anak mencoba mengambil apel dan memberi makan kuda poni. Berhasil. Kuda poni pun berjalan sambil memakan apel. Setiap makhluk hidup pasti lebih membutuhkan makanan daripada apapun. "Terima kasih," kata kuda poni sambil tersenyum dan mengajak si anak berjalan-jalan. Dasarrrrr kuda poniii kan kasihan adik kecilnya. Untung adik kecilnya sabar dan sayang banget sama si kuda poni itu.

    'Kasih sayang meleburkan keangkuhan.'

    BalasHapus
  14. Nama : Dian Artati
    Akun twitter : @d_anarta
    Akun facebook : Bagai Ilalang Alang-Alang
    kota tinggal : Sukoharjo, Pringsewu, Lampung
    Link share : https://twitter.com/d_anarta/status/643781468766867456 dan https://www.facebook.com/notes/bagai-ilalang-alang-alang/rentak-kuda-manggani/762797317162150?pnref=story
    Jawaban : Saat aku masih kecil, kuda kuanggap sebagai binatang yang buas dan bersayap. Hidup di pepohonan dan mencari makan pada malam hari. Suatu hari ibu membelikanku gambar-gambar binatang, lalu menunjukkan gambar kuda. Sejak saat itu anggapanku berubah. Kuda ternyata binatang yang cukup besar, berkaki empat, dan punya ekor pendek. Setelah menonton telivisi baru kutahu jika kuda bisa ditunggangi dan larinya kencang. Hap-hap!

    BalasHapus
  15. Nama : Veny
    Akun twitter :@yutakaNoYuki
    Akun facebook :Hinamura Sora
    kota tinggal : Balikpapan
    Link share :https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/643871121046118400
    Jawaban :

    Aku membayangkan kuda yang gagah dan berlari melintasi padang rumput. Aku berpikir akan terlihat keren kalau aku yang duduk dipunggung kuda itu dan ikut berlari, melaju di atasnya. Jadi teringat film-film silat yang pernah aku tonton, para pendekar terlihat gagah dengan kudanya yang berderap, melintasi jalanan, padang pasir atau dengan lincah melompati bebatuan dan menyebrangi sungai kecil.

    BalasHapus
  16. Nama : Hilma Yayu Rahmawati
    Akun twitter : @HilmaAbdillah
    Akun Facebook: Hilmma RahmaAbdillah
    Kota tinggal: Garut
    Link share : https://twitter.com/HilmaAbdillah/status/643961151722668032?lang=id
    Jawaban :
    Kuda? jadi keinget lagu pada hari minggu, tak tik tuk tuk tak tik tuk suara sepatu kuda, kebayang kan betapa lincahnya kuda itu berlari membawa beban aku ayah dan pak kusir, kakiku kakimu bisa selincah itu untuk berlari menuju langit?

    BalasHapus
  17. Nama : Aulia
    Akun twitter : @nunaalia
    Akun facebook : Nunaa Lia
    kota tinggal : Serang
    Link share : https://twitter.com/nunaalia/status/643966935349104640
    Jawaban :
    Yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata "kuda" jadi inget film seri jaman dulu yg judulnya Black and Beauty, tentang kuda hitam cantik yang dimiliki seorang cewek cantik juga. Udah lupa sih ceritanya karena udah lamaaaa banget. Tapi yang diinget tuh mereka berdua punya pengalaman dan petualangan yang seru. Karena itu film itu jadi film yg selalu ditunggu waktu itu. :)

    BalasHapus
  18. Nama : Ahmad Fairozi
    Akun twitter : @fairoziahmad
    Akun facebook : https://www.facebook.com/oci.sumekarjaya
    kota tinggal : Kota Malang
    Link share : https://twitter.com/fairoziahmad/status/643971879196164096
    Jawaban : waktu nonton pertunjukan kuda lumping sama temen-temen, eh.. tiba-tiba banyak orang yang mendadak kerasukan. hingga salah satu temen akupun ikut kerasukan. pikirku terkejut, "kenapa sampai bisa kerasukan?" terlintas dalam benak, memang penuh dengan misteri tuh yang namanya pertunjukan kuda lumping.

    BalasHapus
  19. Nama : Fita
    Twitter : @fitania09
    Facebook : phita cutz
    Domisili : Malang
    Link share : https://twitter.com/fitania09/status/643977843764953088?s=01

    Jawaban : Yang paling aku ingat dari kuda itu adalah kesenian Kuda lumping yang berasal dari jatim. Dimana dulu tiap minggu aku rutin melihat kesenian ini di salah satu obyek pemandian dekat rumah. Kala permainan dimulai, semua pemain bersiap menunggangi kuda palsu ini sambil membawa pecut dan diiringi musik. Sorak-sorak penonton ramai sekali. Tapi tak sedikit pula ada yang takut jika tiba-tiba saja mereka "kalap" dan bisa menghampiri penonton di tribun. Meski begitu kesenian satu ini masih tetap diminati.Namun sayang ank muda sekarang sudah enggan melihat kesenian kuda lumping ini karena uda tergilas budaya boyband & girlband. Ya semoga saja kesenian ini masih tetep berjaya sampai tahun-tahun berikutnya.

    BalasHapus
  20. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Akun facebook : Fitri Ramadhan M
    kota tinggal : Tangerang
    Link share : https://mobile.twitter.com/ramadhan_rae/status/643838703987654656?p=v

    Jawaban :
    Hal pertama yang terlintas dipikiran aku kalau mendengar kata 'Kuda'
    adalah hewan gagah yang memakai sepatu. Jadi pas aku TK dulu bu guru
    bilang kalau Kuda itu pakai sepatu. Waktu kecil aku kan nggak ngerti
    letak sepatunya dimana. Sampai-sampai setiap naik delman Kuda pasti
    aku merhatiin kakinya tapi tetep aja nggak ada sepatu kaya yang sering
    aku pake waktu sekolah(TK) dikaki kudanya. Sampai beberapa tahun nggak
    ketemu juga letak sepatunya dimana. Ternyata eh ternyata sepatu Kuda
    cuma datar biasa bentuk huruf U tanpa tali sepatu. Hancur seketika
    imajinasi waktu TK kalau Kuda itu pakai sepatu tali. Muehehehe.

    BalasHapus
  21. Nama : Naning Pratiwi
    Akun twitter : @chelseas_lover
    Akun facebook : Nhaning CfcLovers
    kota tinggal : Blitar
    Link share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/644042173801893888

    Jawaban : Kuda,...
    Kaki empat dengan ekor panjang di belakang. Bunyi derap ketepak ketepok yang biasanya beralaskan tapal kuda dengan hobi menjadi teman pak Kusir untuk menarik delman, andong, dokar, atau semacamnya. Makanannya rumput, dan biasanya ada di desa yang belum terkena dampak globalisasi. :D

    BalasHapus
  22. Nama : erin
    akun twitter : https://twitter.com/RinShoak
    akun facebook : https://www.facebook.com/tomoyo.yuuki.5
    kota tinggal : bekasi
    l : https://twitter.com/RinShoak/status/644334124916862977
    jawaban : acap kali mendengar kata kuda ada rasa takut dan rindu yang menjelma. Aku selalu takut setiap kali melihat kuda karena pernah ditabrak, walaupun begitu aku tidak pernah membenci kuda, karena kuda pun selalu mengingat kan ku pada kampung kelahiran ku yaitu kuningan yang dijuluki sebagai kota kuda. Padahal di kuningan sendiri tidak begitu banyak kuda.

    BalasHapus
  23. Nama :Septa Anggara
    Akun twitter : @seivtha
    Akun facebook : https://www.facebook.com/seivtha.skip
    kota tinggal : Palembang
    Link share : https://twitter.com/seivtha/status/644543127445835777
    Jawaban :
    Kuda, saya selalu melihat kuda keren itu yg warna hitam. dan entah kenapa malah keinget sama catur. cukup sering sih saya main catur walau sering kalah mulu sih

    BalasHapus
  24. Nama : Ratnani
    Akun Twitter : @ratnaShinju2chi
    Akun Fb : Ratna Hana Matsura
    Kota Tinggal : Jepara
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/644723360589414401

    Jawab :
    Kuda-- Aku melihatnya terbang tinggi keangkasa dengan sayap lebar yang dimiliki. Kukucek mata beberapa kali memastikan penglihatanku. Aku tidak salah. Bahkan kini dia yang terbang tinggi telah mendarat kembali. Dia berjalan ke arahku. Menyerahkan punggung miliknya. Membiarkanku menjadi tuan baru setelah Gandalf tak lagi ikut perhelatan syuting Lord of the Rings.

    BalasHapus
  25. Nama: Teguh Irawan
    Twitter: @viuepheiraxa
    Facebook: Teguh Irawan
    Kota Tinggal: Jakarta
    Link share: https://mobile.twitter.com/Viuepheiraxa/status/644769081577484288

    Jawaban :
    Kucing gue namanya kuda, jadi mungkin satu satunya 'kuda' yang hobi makan ikan adalah kuda gue. Ha ha ha..

    BalasHapus
  26. nama : Destika Lestari
    twitter : https://twitter.com/destika_silver
    facebook : https://www.facebook.com/destika.lestari.9
    kota tinggal : Cilacap
    Link share : https://twitter.com/destika_silver/status/644881980329320448
    jawaban:
    kuda. kata itu mengingatkanku akan cerita Pangeran yang menunggang kuda putih untuk menjemput Seorang Putri. Cerita yang sering kudengar saat Aku kecil dulu.

    BalasHapus
  27. Nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    facebook: Lenny
    kota tinggal: kota rantau kal-sel
    link share: https://mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/644857546176491520?p=v

    ''kuda''. Pengeran gagah dan tampan yang memacu kuda hitamnya,datang ke istana sang putri. Melamar sang putri tuk jadi permaisuri. Serta membawa sang putri tinggal di istananya tuk hidup bahagia bersamanya selamanya.

    BalasHapus
  28. Nama : Aya Murning
    Akun twitter : @murniaya
    Akun facebook : Aya Murning
    Kota tinggal : Palembang
    Link share : https://twitter.com/murniaya/status/644693950540984320

    Jawaban : SUSU KUDA LIAR! Jiyaelaaah asemnya kebangetan coy. Kayak dokasih yogurt 2 botol padahal cuma segelas tuh susunya. Ngabisin minumnya pake nutup hidung pula. Trus dibilang juga kalo itu bagus untuk menambah stamina. Stamina apa nih? Ehem, kalo untuk pria ya gitu deh tau kan heuheuheu. Kalo untuk wanita, stamina apa ya? Hahaha. Efek habis minum susu kuda liar nih badan malah jadi panas kayak orang demam. Jadi ngebayangin gimana metode memerah susu KUDA LIAR itu. Kudanya kan liar. Apa yang memerah itu nggak dikencingin atau kena sepak oleh kudanya ya? Dapetnya susah, rasanya masam pula. *tepok jidat*

    BalasHapus
  29. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Facebook : Nova Indah Putri Lubis
    Kota : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/645090205402185728

    Pernah di suatu malam aku mimpiin pangeran berkuda putih. Wajah nya tampan dan bersinar. Dia ngajakin aku jalan dengan kudanya. Kami mengelilingi taman bunga yang indah. Romantis banget deh. Trus, tiba tiba dia berhenti, dia megang kedua bahu aku dan berbisik "Will you wake up and stop dreaming about the charming prince and his white horse?! ini 2015 dan gak ada lagi pangeran berkuda putih, yang ada pangeran dengan lamborghini putih."
    dan aku langsung jatuh dari tempat tidur... :D

    BalasHapus
  30. nama: Linsa Anggraeni
    twetter: @Linza_Syauqia
    Facebook: Linza Anggraeni
    Kota: Jogja kabupaten Gunungkidul
    Link Share: https://twitter.com/Linza_Syauqia

    jawab:
    Dalam hening menghentak raga mengitari jiwa-jiwa resah selalu bergerak tak kenal letih, meski lelah terombang ambing di permainkan zaman...
    Namun namamu juga jaran kepang....
    nilai tradisimu sangat historis semangatmu begitu herois bak katsria..
    itulah kamu hey kuda-kuda lumping,

    BalasHapus
  31. nama: heri sutrisno
    twitter: @Ahes_armiR9
    facebook: Heri Sutrisno
    kota: Kudus
    link Share: https://twitter.com/Ahes_armiR9/status/645220503850909696

    jawaban:
    Setia walaupun agak terpaksa. Dan terkadang pemaksaan adalah keniscayaan. Kepastian adanya sebuah pengekangan, penindasan yang terkadang menjauh dari kaidah peri ke binatangan.
    Bagian dari substansi 'serpihan sejarah'
    Loyalitas, pekerja keras, tentu juga hidupnya telah sumbangsih dalam motivasi, imajinasi dan inspirasi dalam asmara dan cinta maupun dalam lingkup sosial dan budaya. :)

    BalasHapus
  32. Nama : Athaya Septiana
    Akun twitter : @nanarara8
    Akun facebook : Taya Nana
    kota tinggal : Yogyakarta
    Link share : https://mobile.twitter.com/Nanarara8/status/645220796277764096?p=v
    Jawaban :

    Kuda. Sebuah kata yang menggambarkan seekor binatang gagah. Sebuah ingatan terbersit di pikiranku begitu saja ketika menjumpai kata itu. Aku seakan dibawa kembali ke masa kecilku yang penuh kesederhanaan. Sebelum berbagai perubahan yang berarti terlewati, detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari, tahun demi tahun. Ibuku sering bercerita padaku, tentang masa kecilku. Seperti ketika kami sekeluarga tengah dalam perjalanan mengendarai kendaraan roda empat kami dan menjumpai delman di jalan yang sama. "Nak, kamu dulu sangat menyukai kuda. Dulu, kita pergi kemanapun mengendarai sepeda motor dan kamu duduk di tengah. Kamu suka sekali berdiri ketika membonceng, seperti balita kebanyakan. Kamu berseru dan memanggil kuda-kuda yang tengah menarik delman di jalanan kota," ucap ibu berkali-kali. Seberapapun banyaknya ibu mengulangi ceritanya, aku tidak pernah bosan. Aku memang tidak ingat perihal itu, tetapi aku akan selalu mengingatnya sebagai cerita ibuku tersayang tentang sepenggal masa kecilku.
    .
    .
    .
    Ikut meramaikan giveawaynya ya kak^^
    "Wish me luck."

    BalasHapus
  33. Nama: Desi Widiastini
    Akun twitter : @desiwidiastini
    Akun facebook: Desi Widiastini
    Kota tinggal : Tabanan - Bali
    Link Share : https://twitter.com/divapress01/status/644766873809063937
    Jawaban :
    Ketika mendengar kata kuda, saya jadi teringat teman lama saya yg bernama Fani. Dia mempunyai suara tawa yg khas mirip ringkikan kuda. Dulu Fani sangat terkenal disekolah. Dia juga termasuk dalam jajaran murid yang paling dikenal dan diingat oleh para guru. 😁 dia sering dijuluki kudafani. ( plesetan dari kuda poni ) 😁 selain punya nada tertawa yg khas, Fani adalah orang yg pintar, humoris, supel dan atractive. Jadi kebayang kan gmn reaksi orang2 saat aku, fani dan teman2 yg lain pergi ketempat2 umum seperti mall, cafe dll. Ya, kami selalu menjadi korban tatapan aneh orang2 karena fani tidak pernah bisa mengontrol suara tawanya. Saat kami menyadari tatapan aneh dr orang2, kami langsung menutup mulut Fani dengan tangan kami. Kami semua pun menunduk dan tertawa cekikikan. Kami bahkan sering ditegur satpam dan pemilik toko gara2 Fani 😁 Fani pun jadi terkenal dikalangan para satpam mall dan restaurant. it's so funny 😁 bagi sebagian wanita mungkin akan merasa malu jika punya nada tertawa yg mirip ringkikan kuda seperti Fani. Tapi berbeda dengan Fani, dia justru sangat bersyukur dengan kelebihannya itu. " Ini kelebihanku, dan aku sangat bersyukur karena aku jadi terkenal tanpa perlu repot2 membuat sensasi". Kata2 ini yg paling aku ingat dari Fani. I miss you Fani.

    BalasHapus
  34. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/645456927053344768

    Kalau mendengar kata kuda, aku langsung teringat dengan hewan yang kuat dan gagah. Kuda bisa jadi merupakan lambang keperkasaan. Tiap nonton film yang settingnya kerajaan atau dunia fantasi macam Narnia, aku langsung takjub ketika mereka melakukan adegan peperangan. Mereka menunggangi kuda, membawa senjata dan menyerang. Keterampilan berkudanya juga harus bagus agar tetap seimbang. Nggak ngebayangin deh kalau hewan yang ditunggangi para panglima perang itu bukan kuda. Pasti pertempurannya jadi nggak seru karena bermasalah dengan tunggangannya hahaa..

    BalasHapus
  35. Nama : Thia Amelia
    Akun twitter : @Thia1498
    Akun facebook : Thia Amelia
    kota tinggal : Bogor

    Link share : https://twitter.com/Thia1498/status/645592119881535489
    Jawaban :
    Kuda itu berlari kencang mengalahkan para kuda yang ada dibelakangnya. Kaki-kaki nya melangkah besar-besar, bulu-bulu nya berguncang mengikuti setiap hentakan yang ia keluarkan, ringkikan suara yang ia keluarkan menggelegar. Seseorang yang menungganginya tersenyum puas berhasil mengalahkan orang-orang yang ada dibelakangnya. Teriakan penuh kepuasan menggema disana-sini ketika sang kuda yang ia tunggangi melesat melewati garis finish.
    “Kau hebat, kau hebat.” Kata-kata itu ia ucapkan berulang kali sambil membelai kepala kudanya. Kuda berwarna putih dengan hiasan kotor disana-sini. Ia membuktikan pada semua orang bahwa kudanya pemberani dan hebat. Semua orang mengakui nya sekarang. Kuda yang dulu selalu dilempari batu karena warnanya yang aneh dan kotor, dan juga pemiliknya yang miskin sekarang berubah menjadi kuda yang disegani semua orang. Ia membuktikan nya dengan prestasi bukan hanya kata-kata. Biar semua orang tau, apa yang dia lihat tidak bisa menjadi acuan apa yang sebenarnya ada dalam dirinya.

    BalasHapus
  36. Nama : Sofhy Haisyah
    Akun Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Akun FB : Sofhy Haizyahdrii
    Kota tinggal : Makassar
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/645596978643009536

    Berbicara tentang kuda, yang terlintas dan teringat hanya kuda "Black Beauty" dalam novel berjudul sama oleh Anna Sewell. Bercerita tentang kehidupan kuda yang memiliki garis keturunan yang baik. Tapi, seiring bertambahnya usia saat itu pula hal baru entah itu baik dan buruk "Black Beauty" pun alami. Dibelai manja, diberikan makan yang baik, dipukul karena tidak mampu mengangkut beban, dan masih banyak lagi.

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))