Senin, 17 Oktober 2016

Persiapan untuk menambah timbunan di Big bad wolf Surabaya.


big bad wolf

Sekitar dua atau satu bulan yang lalu, salah satu grup buku yang aku join, sudah terendus kabar kalau Bid bad wolf (BBW) mau diadakan di Surabaya, waaah seneng banget dong! Biasanya diadakan di Jakarta, eh akhirnya mampir ke Surabaya. Tapi, saat itu masih jadi desas – desus saja, belum ada kepastian apakah diadakannya tahun depan atau tahun ini, sepertinya pada meramalkan BBW akan hadir tahun depan, karena tahun ini sudah hadir di Jakarta.

JREEENG!!! Beberapa minggu setelahnya, ada teman yang share banner bahwa BBW membutuhkan volunter, huwooooh ternyata beneran tahun ini di Surabaya! Keprok – keprok! Ikut antusias meskipun hati meratapi isi dompet yang aduhai mulusnya (baca : mulus karena hanya beberapa lembar yang menghiasi dompet ini). Berharap banget dapat arisan yang nantinya untuk beli buku. Eh ternyata nggak dapat arisan, huhuhuhu…

Baiklah, mari kita bobol celengan…

Setelah fix tanggalnya yaitu 20 oktober sampai 31 oktober 2016, ternyata godaan tak berhenti di situ, penerbit Gramedia sedang diskon gila – gilaan, cuci gudang, semua dibandrol 5.000 – 10.000 perbuku. Sayangnya kurang berminat sih, karena lokasi memang menyiutkan niat untuk berburu buku. Salut sama teman – teman yang berjuang untuk membeli buku saat cuci gudang. Katanya sih, kebanyakan buku anak – anak, komik, resep, buku latihan soal, kalau beruntung ya dapat novel. Kebanyakan buku anak – anak sih, dan kebanyakan teman – teman yang beli itu ibu – ibu, mereka beli buku latihan soal untuk anaknya. Kalau teman yang seusiaku, cari novel sampai teliti banget, karena kan lokasinya benar – benar gudang, ya ditumpuk sembarang gitulah, nggak ada perkategori. Jadi butuh kesabaran dan mata yang jeli. Ada kok teman – teman yang beruntung dapat novel yang bagus dengan harga murah, tapi kebanyakan sih belum beruntung, hehehehe.

Ditambah lagi godaan, Gramedia masih bikin acara sale, kalau ini sih berbeda, kalau nggak salah namanya “abookadabra”, yang lokasinya di Tunjungan Plaza, hmmm entah lah kalau ini, ke sana atau nggak. Ya maklum ngirit bensin ya, buat nabung untuk masa depan *uhuk*.

Oke baiklah, mari kita kembali ke bahasan Big Bad Wolf Surabaya, senang banget karena beragam buku hadir di sini, lokal maupun internasyenel (impor). Untuk berbagi kebahagiaany, aku juga colek – colek teman, mungkin ada yang ingin nitip buku, karena hari pertama buka, hari kerja, kalau ke sana waktu weekend, haduuuuh nggak kuat sama antriannya. Jadi, pas hari kerja saja ke sana.

Agar sesuai harapan dan meminimalkan hal buruk, mari kita buat persiapan untuk bazaar buku Bid Bad Wolf.

1. Pertimbangkan hari, waktu dan jarak. Alhamdulillah, lokasi BBW nggak jauh dari rumah, mudah dijangkau oleh angkot. Lokasinya di JX International. Bukanya kalau nggak salah jam 9 dan nonstop, jadi fleksibel banget mau ke sana jam berapapun.

2. Wahai penimbun buku, menabunglah! Pasti ke sana nggak hanya beli satu buku, entah berapapun yang dibeli, tapi belum tentu saat itu juga dibaca. Karena yakin penimbun buku tak akan insyaf, lebih baik nimbun uang dulu sebelum nimbun buku. Gak apalah nyomot duit tabungan dikit aja bagi yang belum bisa nabung ekstra kuat sebulan ini.

3. Jaga kesehatan. Meskipun persiapan ini merupakan suatu yang klise, tapi penting loh untuk jaga kesehatan, karena cuaca di Surabaya sedang tak menentu, kadang seharian hujan deras disertai angin, kadang seharian panas banget. Sebagai info saja, lokasi JX International itu luas loh, jadi saat hunting buku, pastikan dalam keadaan sehat, biar nggak cepat lelah, siapa tahu jarak antara buku fiksi dan nonfiksi itu berjauhan. Kalau sehat kan enak, berapa jam nongkrongin buku tetap asyik.

4. Bawa bekal. Meskipun di sana ada kok yang jualan, tapi nggak ada salahnya meyiapkan bekal, cukup bawa roti dan air minum, agar sewaktu – waktu perut keroncongan, ngemil roti aja dulu.

5. Ke BBW sama teman. Lebih asyik ke BBW tuh satu rombongan, biar makin seru, biar nggak terasa capeknya untuk muterin cari buku.

6. Tongkrongin sosial media. Banyak sekali info penting di sosial BBW. Aku dapat tiket presale karena ya tongkrongin sosmednya, follow saja akun BBW biar dapat info terbaru, dan suapay tahu buku apa saja yang dijual.




Semangat untuk berburu buku!

5 komentar :

  1. nomor 3 penting banget tuh harus jaga kesehatan juga agar tidak sakit pada saat melaksanakan :-)

    BalasHapus
  2. Wah ini nih acaranya yg ditunggu2 bagi para pecinta buku dan para kutu buku, bazar buku murah! Yeah!
    Tapi sayangnya diadakan jauh di surabaya, kapan ya diadakan di purwokerto? :')

    Oiya mbak sari, coba cari ya bukunya ANAK SEN, Ketika Istana Negara Selalu Menghadap Ke Timur dan Pentagram :D

    BalasHapus
  3. wah bakal siap bikin perpustakaan pribadi mbak nih hehe...

    BalasHapus
  4. Buku big bad wolf tahun kemarin aja belum habis dibaca. Udah muncul lagi tahun ini ngga berasa aja.

    BalasHapus