Selasa, 29 Agustus 2017

P.S. I Still Love You + Giveaway

P.S. I still love you
Judul : P.S. I Still Love You. (Book #2).

Penulis : Jenny Han.

Penerbit : Spring.

Penerjemah : Airien Kusumawardani.

Cetakan pertama, September 2015.

Cetakan kedua, Juni 2017.

ISBN : 978-602-71505-3-9



Blurb :


Lara Jean tidak mengira akan benar – benar jatuh cinta pada Peter.

Dia dan Peter tadinya hanya berpura – pura. Tapi tiba – tiba saja mereka tidak lagi pura – pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba – tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

Review :


Lara jean merupakan gadis keturunan Korea – Amerika, yang memiliki marga Song. Novel yang menurutku kental dengan tradisi dan makanan Korea, mejadikan cerita yang unik kalau tokohnya berdarah campuran. Oiya, Jenny Han juga ada darah Korea, jadi nggak berasa tempelan gitu kalau memasukkan unsure Koreanya.

Novel ini merupakan lanjutan dari Novel “To All The Boys I’ve Loved Before”. Bagaimana jika membaca buku kedua tanpa membaca buku yang pertama? Kalau nggak salah, novel ini memiliki 3 serial. Tetapi setiap bukunya memilki konflik baru atau bisa dikatakan berdiri sendiri, bisa sih baca yang kedua dulu, tapi bakalan kurang greget! Di buku kedua, Peter sedikit sih “munculnya”, jadi mending baca buku yang pertama terlebih dahulu, biar dapat chemistry jalan cerita antara Lara Jean dan Peter.

Bisa dibilang buku kedua ini, menceritakan kegalauan tentang perasaan Lara Jean kepada Peter, apakah Lara Jean benar – benar jatuh cinta kepada Peter? Karena sebelumnya, Lara Jean dan Peter hanya pura – pura pacaran. Belum selesai dengan kegalauan, eh ternyata muncul John, salah satu pria yang menerima surat dari Lara Jean, teman semasa SMP yang pintar dan memiliki rambut pirang seperti jagung putih musim panas (hal. 169). Lara jean tak mengira jika John akan membalas suratnya yang tak sengaja terkirim (cerita awal mulanya surat cinta Lara jean yang tak sengaja terkirim ke lima orang cowok, ada di buku pertama).

Lara jean dan John sering membalas surat hingga John benar - benar datang di hadapan Lara jean, masa lalu bersama John kembali menyeruak dari ingatan Lara jean. Meskipun di novel ini John terlihat lebih dewasa ketimbang Peter, duuuh tapi aku tetep #TeamPeter 😆😆. 

Yang aku suka dari novel ini, tak hanya menceritakan tentang percintaan, tapi juga menceritakan hubungan keluarga. keluarga Lara jean yang kehilangan sosok Ibu, ikatan persaudaraan antara Margot, Lara jean dan Kitty begitu kuat, di novel yang kedua, Kitty banyak “muncul”, adik bungsu yang menggemaskan tapi beberapa momen pemikirannya lebih dewasa ketimbang umurnya. 

Selain itu juga kental dengan persahabatan, karena memang awal mulanya Lara jean, Peter, Chriss, Trevor, Genevieve, John, dan Allie merupakan sahabat dari kecil. Beranjak dewasa, permasalahan di antara mereka muncul dan membuat persahabatan mereka tak sama lagi. Apalagi permasalahan antara Lara jean dan Genevieve atau biasa dipanggil Gen, di buku kedua ini juga ada kilas balik tentang mereka berdua.

Segala sesuatu punya cara tersendiri untuk kembali ke tempat semula. Aku tidak bisa kembali. (hal.17).
Kurasa kau tidak bisa terus mencengkeram masa lalu hanya supaya ada sesuatu untuk dipegang. (hal.34).
Cinta bisa pergi atau orang - orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah. (hal 35). 
Inilah maksud Margot, standar ganda seperti ini. Cowok akan selalu jadi cowok, tapi cewek harus selalu berhati - hati ---tentang tubuh kami, tentang masa depan kami, tentang cara orang lain menilai kami.(hal 73).
Tubuhku adalah kuil yang tidak bisa dipuja oleh sembarang cowok. Aku tidak mau melakukan lebih dari yang bersedia kulakukan. (hal. 144)


Giveaway time!

Giveaway ini merupakan giveaway final, jadi teman – teman yang ikutan giveaway, harus mengumpulkan jawaban dari pertanyaan yang ditulis oleh blog host. Setelah itu, teman – teman menuliskan jawabannya di page Penerbit Spring (waktu dan tata cara menjawab akan diinformasikan di page Penerbit Spring).

Pertanyaannya : Apa nama marga Lara jean?

Gampang kan? Jawabannya ada kok di review ini

Jangan lupa untuk follow instagram, twitter, dan like page facebook dari Penerbit Spring


Nah, ini dia daftar siapa saja yang jadi blog host, yuk kumpulkan jawabannya.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

moderasi dulu yaaa