Kamis, 09 Januari 2014

Love Puzzle : Satukan Setiap Kepingnya




Judul : Love Puzzle
Penulis : Eva Sri Rahayu
Penerbit : teen@noura
ISBN : 978-602-1606-04-9
Tebal : 286 hlm
Harga : 49.000

Blurb :
Rasi memberi senyuman, tetapi cowok itu malah tidak mengacuhkannya.
"Raja?" sapa Rasi.
"Sori?" Kening cowok itu berkerut.
"Kamu Raja, kan?" tanya Rasi lagi.
"Hmm, enggak usah sok kenal, deh," balas Raja dingin.

Rasi melengkungkan bibirnya, cowok keren memang sering kena amnesia! "Engga usah nyebelin gitu, deh. Kamu kan yang nanya - nanya soal fotografi di atap BIM kemarin? Kalau aku salah orang biasa aja, deh."

Raja merespons perkataanya dengan kaget. Namun sedetik kemudian, ekspresi Raja kembali sinis."Dengar ya, aku enggak kenal kamu!!" geram Raja penuh penekanan.

Sejak ketemu cowok itu, Rasi merasa level hatinya naik turun seperti roller coaster : kadang berbunga, kadang kesal setengah matu. Sama seperti sikap Raja yang jago sulap : kadang baik, kadang nyebelin. Ada ya orang yang seperti tu? Rasi hanya belum tahu kalau di balik semua kejadian ada misteri tersimpan. Dan takdir menuntun Rasi masuk ke labirin yang entah ke mana berujung..

Resensi :

Setelah baca novel Love Puzzle, dibuat geleng - geleng kepala, kenapa? Semacam enggak rela kalau tiba - tiba habis, dua kali baca di waktu malam hari yang sunyi, masih nyengir dengan apa yang aku baca. Selain memang harus lihat trailer love puzzle, agar bisa membayangkan secara visual, bisa loh lihat salah satu drama Taiwan, tau enggak MVP Lover? Itu loh drama yang pernah tayang di salah satu televisi swasta yang menceritakan tentang kisah cinta segitiga gitu deh, juga tentang basket. Nah, ada adegan di Love Puzzle yang kalau baca kemudian teringat MVP Lover, bedanya kalau Love Puzzle ini lebih drama, konflik bermunculan dari keempat tokoh (Rasi, Iskandar, Alex, dan Aya). Bisa nih novel dibuat seperti FTV.

Oke baiklah, kenapa tiba - tiba langsung loncat ke sana ya, karena memang itu kesan setelah selesai membaca novel Love Puzzle. Pertama melihat novel di salah satu toko online, covernya seperti novel pada umumnya. Di cover buku kamera lomo yang memperlihatkan 3 anak manusia yang sedang duduk bersama namun salah satu cowok hanya tampak garis putih saja. Kalau sudah lihat seperti itu, pasti yang ada di benak, "Ah, ini pasti cinta segita ala anak SMA". Dan ternyata, lebih rumit lebih dari cinta segitiga loh.

Setelah pegang bukunya, beda banget ya. Covernya keset - keset gitu (enggak tahu nama kertasnya apa), ternyata kalau kita buka cover paling depan, ada cover lainnya yang menggambarkan senja di atas gedung BIM (Bandung Indah Mall) jadi, antara cover depan dan cover satunya, tembus gitu. Seperti kita mengambil momen 3 anak manusia yang menikmati senja, kemudian kita memotret mereka menggunakan kamera lomo.

Di dalam novel ini, kita enggak akan menukan Bab atau sejenisnya. Kita akan menemukan Puzzle per Puzzle, dimana kita harus menyatukan dari satu Puzzle ke Puzzle yang lainnya, dan akhirnya akan menjadi cerita cinta yang utuh. Setiap Puzzle menyajikan misteri - misteri yang berserakan, jadi kita masih harus diwajibkan untuk melanjutkan Puzzle berikutnya. Jadi kalau ada niat untuk skip cerita, dijamin nggak paham cerita berikutnya. Apalagi Puzzle pertama hingga Puzzle ketiga yang memang sumber misteri cerita. Akan timbul banyak pertanyaan ,"Yang diajak ngobrol sama Rasi itu siapa?" , "Aya siapanya Raja?" , "Kenapa Raja tiba - tiba berubah?" . Jadi, sekali lagi jangan skip cerita, JANGAN!!.

Berawal dari pertemuan Rasi dengan Raja di atas gedung BIM, cerita ini dimulai. Sebenarnya Rasi inilah yang merupakan kunci dari cerita Love Puzzle, Rasi yang mampu mengurai permasalahan yang belum terselesaikan antara Iskandar dan Alex, menyadarkan Aya yang larut dalam kenangan, hingga membawa angin segar kepada keluarga Raja yang sebenarnya masih saja belum menerima kenyataan, dan juga mengembalikan kepercayaan diri Alex jika sebenarnya dia memiliki warna yang berbeda, dan dengan Rasi, Alex mampu menjadi diri sendiri. Meskipun Rasi ini payah dalam mata pelajaran olah raga dan harus menghadapi ujian basket agar nilai tak mengecewakan.

Rasi menggeliat seperti kucing di atas tempat tidurnya. Badannya terasa pegal dan lemas karena kecapekan latihan. Baru kali ini dia dipaksa bersungguh - sungguh bermain basket, dan itu benar -benar menyiksa. (halaman 90).
Penggambaran tokohnya cukup jelas dan ditambah dengan adanya trailer Love Puzzle jadi bisa mengetahui Rasi seperti apa rambutnya, tingginya atau bentuk matanya (juga tokoh lainnya). Di dalam novel ini juga sudah cukup detail menggambarkan tokohnya.

Sosok Aya.
"Aduh.. gimana dong?" tanya cewek itu. Mata di bawah poni lurus yang menyentuh alis tebal itu menyorotkan kebingungan. (halaman 27).
Sosok Rasi.
Rasi terlonjak kagetdan refleks membalikkan badan, membuat rambut shaggy  sebahu dan poni miringnya ikut melambai searah gerakkannya. (halaman 16).

Kalau disuruh menyebutkan siapa tokoh antagonis, sepertinya susah. Karena di dalam novel Love Puzzle ini si penulis memberikan gambaran jika manusia itu enggak selamanya putih, terkadang ada sisi hitam dari manusia itu sendiri yang keluar. Seperti Alex yang tidak selamanya putih, ada beberapa situasi yang sisi gelap dalam Alex itu keluar. Orang bersikap jahat, pasti ada sebabnya, ya kira - kira begitu menurutku.

Nah, novel ini juga termasuk novel romance, kisah cinta yang enggak klise. Ada sentuhan - sentuhan fisik yang dikemas romantis, ada balutan ceritan misteri dan action. Meskipun buku ini terbitan teen@noura yang merupakan Lini Remaja Remaja Penerbit Noura Books, tetapi tidak ada keceriaan, cerita konyol khas remaja. Si penulis mengambil kenalan remaja yaitu geng motor yang penuh konflik ya cenderung berat juga sih untuk bacaan remaja. Apalagi ada juga menceritakan sisi kelam geng motor, yaitu tawuran antar geng.

Kacamata pemuda itu pecah, menyebabkan luka di wajah, walaupun tidak parah, tetapi pemuda itu terlihat syok. Mendadak dadanya sakit,  lalu badannya kejang - kejang lalu terkapar. (halaman 161).

Ada hal lain yang menarik di novel ini, yaitu ketika si narator membawa pembaca ke masa lalu. Aku sempat memberikan tanda loh untuk kalimat yang menunjukkan jika pembaca akan dibawa ke masa lalu.

Ketika mereka bersitatap, pikirannya memunculkan kilasan kejadian empat tahun yang lalu. (halaman 105).
Ketika Raja tidak menjawab, Rasi tahu, pikiran Raja sudah tidak bersamanya, larut dalam kenangan. (halaman 123).

Oiya, mungkin ini juga enggak terlalu mengurangi penilaian novel Love Puzzle. Yaitu, terlihat dengan jelas cover menampilkan kamera lomo, padahal nih, Rasi itu selalu membawa kamera DSLR. Ya, memang tak ada gading yang tak retak. Kamera apapun yang digunakan, ceritanya tetap membuat aku tenggelam.


Yang ingin membaca novel yang enggak melulu soal cinta, yaitu misteri dan action. Buruan baca novel ini.

The most favorite quote :
Kenangan, kadang terasa lebih nyata dari kenyataan. Seberapa pun besarnya perjuangan membuat kenangan itu jadi nyata, kenangan hanya hidup dalam ingatan. (halaman 68).
Andromax T - 300x250


bannerlovepuzzle(1)



2 komentar :