Selasa, 10 Maret 2015

KUHD : Kitab Undang - Undang Hukum Dagang



Judul : KUHD (Kitab Undang - Undang Hukum Dagang). UU Perdagangan & UU Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Penulis : Tim Visi Yustisia.

Penerbit : Visimedia.

Halaman : 420halaman.

Cetakan : Pertama, 2014.

ISBN : 979-065-228-3



Blurb :

Di Indonesia, undang - undang perniagaan yang berlaku saat ini adalah Kitab Undang - Undang Hukum Dagang (KUHD) serta peraturan perundang - undangan yang berkenaan dengan perniagaan, seperti Undang - undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Undang - Undang No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Selain undang - undang tersebut, buku ini juga dilengkapi dengan peraturan praktiss dari masing - masing peraturan perundangn - undangan tersebut, antara lain prosedur mendirikan perseroan terbatas, tata cara penanganan perkara dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, serta profil Pengadilan Niaga dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Seperti diketahui, perdagangan merupakan bidang usaha yang memiliki cakupan luas, sehingga perlu adanya aturan yang mendasari agar sesuai dengan hukum dasar negara dan tidak ada penyimpangan dalam pelaksanaanya. Peraturan perundang - undangan yang telah ditetapkan tersebut memuat ketentuan dasar mengenai asas, tujuan, pengaturan, perlindungan, sanksi, dan hal - hal yang berkenaan perdagangan di Indonesia, baik secara domestik maupun internasional. Peraturan ini penting untuk dipahami para pelaku usaha sebagai panduan dalam penerapan kegiatan usahanya, agar sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.




Resensi :

Sebelum memiliki buku ini, aku sudah memiliki buku dari Visimedia yang lainnya yaitu "Pintar pajak e-commerce " yang memang berguna untuk keseharianku bergumul dengan dunia e-commercer. Siapa sih yang tidak tertarik dalam dunia e-commerce? Banyak manfaat dan kemudahan di sana. Tetapi, perlu diketahui, jika di Indonesia merupakan negara hukum. Sebagai warga negara yang baik, harus menaati segala peraturan yang berlaku di Indonesia. Maka, kitab undang - undang hukum dagang sangat tepat sebagai koleksi buku.

Saat membaca sampul depan sudah tertarik, apalagi kalau bukan tentang prosedur mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Bagi pemilik usaha, pastinya ingin mengembangkan usahanya lebih besar lagi, buku ini dengan gamblang mengulas dari permohonan pengajuan nama Perseroan Terbatas (PT) hingga tahap pengumuman di Berita Acara Negara Republik Negara Indonesia (BNRI).

Buku ini terdiri dari beberapa ulasan :

  • Prosedur mendirikan Perseroan Terbatas (PT)
  • Tata Cara Penanganan Perkara Dugaan Pratik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
  • Pengadilan Niaga.
  • Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).
  • Kitab Undang - Undang Hukum Dagang (Wetboek van koophandel voor indonesie)
  • Buku kedua hak - hak dan kewajiban - kewajiban yang timbul dari pelayaran.
  • Undang - undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014. Tentang perdagangan.
  • Undang - Undang Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha.
Dari kacamata orang awam tentang hukum perdagangan, KUHD yang diterbitkan oleh Visimedia ini sangat praktis dan penjelasan dengan detail, terlihat di beberapa Pasal yang mengalami perubahan maupun penghapusan. Tetapi, lebih jelas lagi, jika pembahasan tentang Perseroan Terbatas lebih diperjelas lagi dengan membuat analisa kasus tentang kepemilikan perseroan terbatas, cara memutuskan jika perseoran terbatas itu pailit, bagaimana penghitungan RUPS, dan sebagainya. Mungkin, bisa membuat buku baru lagi untuk memperdalam Perseroan Terbatas.

1 komentar :

  1. pembahasann tentang pt-nya kurang yah, mungkin krn ini kan buku tentang undang2... saya jg lg butuh baca2 buku tentang pt dan cv...

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))