Senin, 25 Agustus 2014

Cinta/Pergi : Sebuah Review dan Kuis

Judul : Cinta / Pergi.

Penulis : Herjuno Tisnoaji.

Penyunting : Dedik Priyanto.

Penerbit : Moka media.

Tahun terbit : Cetakan pertama, 2014.

Halaman : 180 halaman.

ISBN : 979-795-864-7



Blurb :

"Kamu tahu tentang bunga Wijaya Kusuma, Re?"

"Maksudnya?"

"Wijaya Kusuma."

"Tidak."

Ia menghela napas.

"Itu bunga langka. Warna putih, bersih. Bunga ini hanya mekar di malam hari dan cuma hidup beberapa jam."

"Lantas?"

Ia tersenyum.

"Menurutku, kita seperti bunga Wijaya Kusuma."

"Aku makin nggak mengerti."

"Masa remaja kita begitu singkat, Rei. Seperti halnya bunga Wijaya Kusuma yang hanya mekar sebentar saja. Dan pada masa singkat itu, kita sering menemukan diri kita berjalan tanpa arah."

Aku terdiam, menyimak perkataannya dengan seksama . Ia pula yang membuatku bertahun - tahun setelahnya, ketika aku harus menghadapi masalah, menjadikanku memiliki keberanian.

Gadis itu bernama Florina. Dan aku tidak tahu di mana ia berada.



Resensi :

Resensi ini amat sangat mengandung spoiler karena aku akan mengadakan kuis di twitter, jadi spoiler bertujuan untuk membuat pembaca menjadi penasaran.

Cinta / Pergi merupakan novel remaja yang menggunakan POV 1 yaitu menceritakan kehidupan Reizo Maruta Cendekia (Rei) yang tiba - tiba bertemu dengan seorang cewek bernama Florina Utami (Flo). Di mata Rei, Flo merupakan cewek yang paling menyebalkan karena setiap hari selalu mengikuti Rei kemana ia pergi. Flo selalu mengikuti Rei karena Rei merupakan subjek pengamatan untuk novel yang sedang ditulis oleh Flo. Hmm... apakah tujuan Flo selalu mengikuti Rei hanya untuk menulis novel?

Mau tidak mau dan berhubung Flo seakan memiliki radar yang selalu berhasil menemukan Rei kemanapun ia pergi. Akhirnya, mereka berdua memiliki kesepakatan. Flo bisa mengamati Rei sepuasnya higga batas yang ditentukan. Tapi, nayatanya perjanjian itu justru mengubah seluruh kehidupan Rei.

Siapa Flo sebenarnya?

Apakah benar yang dirasakan Rei itu cinta?

Apa Rei benar - benar mengingkan Flo pergi dari kehidupannya?

Krena novel ini menggunakan POV 1, kamu akan masuk ke dalam sudut pandang Rei. Seorang anak yang memiliki cap seorang berandalan namun baik hati, memiliki hubungan yang tidak baik dengan Ayahnya.

Sssst... di sini juga ada surat cinta yang ditulis oleh Rei dan Flo (^.^)9

"Jadi, lima hari setelah pertemuan kami, aku memutuskan untuk berdamai dengan Florina. Kukatakan kepadanya bahwa aku bersedia menjadi subjek pengamatannya dan bahwa ia bisa mengamatiku hingga batas waktu tertentu." -Hal. 13

"Aku menghela napas. Biasanya, ketika melakukan hal ini, aku akan membirkan benakku kosong dan aku tidak membiarkan apa pun - atau siapapun - merusak ritual sederhanaku ini. Namu, kali ini berbeda. Itu karena kali ini, dan hanya kali ini, aku merasa pikiranku telah dirasuki oleh seseorang. Namanya Florina. - hal. 33.

"Aku tahu bahwa aku pernah bertekad untuk melakukan hal tersebut, tapi, ternyata, hal itu rasanya sukar sekali. Bahkan, meskipun kami sudah berciuman dan aku punya kesempatan banyak untuk melakukannya, tetapi aku justru melewatkannya. - hal.157. 


Nah, sekarang waktunya untuk kuis. Inget ya, kuis ini untuk twitter, jadi jawabnya di twitter, bukan di blog ini. Aku menulis aturannya di blog hanya untuk mempermudah kalian membaca aturannya dan intip - intip dikit lah isi novel Cinta / Pergi.

Aturannya : (Kuis berlaku dari hari Senin, 25 Agustus 2014 hingga Selasa, 26 Agustus 2014 jam 12.00 Waktu Indonesia Bagian rumahnya Sari.


  1. Caranya mudah, follow akun @mokabuku @junotisno @MentionSari . Yuuuuuk…
  2. Jawab pertanyaan ini “Menurutmu, cinta itu apa sih?” Gampang kan? Cc : @mokabuku @junotisno
  3. Format jawaban : (jawaban) (spasi)  @mokabuku @junotisno @MentionSari . kalau jawabannya panjang, diberi nomer (1) , (2), dan seterusnya dengan twit terpisah.
  4. Jangan lupa buat share kuis ini, biar banyak yang ikutan (^.^)9 cc : @mokabuku @junotisno 
  5. Jawaban kamu ditunggu hingga besok (selasa) jam 12 siang Waktu Indonesia Bagian rumahnya Sari Cc : @mokabuku @junotisno
  6. Pengumuman pemenangnya Hari itu juga jam 8 malam Waktu Indonesia Bagian rumahnya Sari (^.^)9 cc : @mokabuku @junotisno
  7. Masih bingung untuk jawab? yuk, baca deh resensiku “Cinta/Pergi” di sini cc :@mokabuku @junotisno
  8. Priiiiiiit… kuis cinta/pergi dimulaaaaaai…



2 komentar :

  1. Salam kenal, kamu suka novel dan buku sastra ya. Kunjungi blog kami ya.

    BalasHapus
  2. cinta / pergi ? bagus tuh buat dibaca ... ;D

    BalasHapus