Jumat, 15 Mei 2015

Oen Makin Koenyol - Maen Mulu

Oen Makin Koenyol "Maen Mulu"


Judul : Oen Makin Koenyol "Maen Mulu".

Penulis : MEDZ (@medzkreatif)

Penyunting : Dyah Utami

Halaman : 117 halaman.

Cetakan : 1, 2015.

Penerbit : Moka Media.

ISBN : 9789797959883











Blurb :

Liburan yang panjang memang selalu dinantikan untuk jalan - jalan sekadar refreshing dari rutinitas sekolah. Petualangan OEN pun dimulai. Ia mengisi liburan sekolahnya dengan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan. Banyak kejadian kocak yang dialami OEN seperti ketika berkunjung ke water park dan kebun binatang bersama temannya serta masih banyak lagi tingkah laku koenyolnya. Mau tahu sekocak apa si OEN mengisi liburannya? Ikuti petualangan koenyol si OEN dalam edisi "Maen Mulu" ini!.

Resensi :

Oen makin koenyol merupakan komik kedua, setelah Canda - canda pelajar kocak. Tanggal 11 Mei 2015 telah launching loh, eh ternyata dibalik cerita komik yang bikin perut mules karena ketawa, komikusnya Bapak - bapak bersahaja dengan rambut ala - ala pomade gitu. Jauh banget dengan karakter yang beliau buat, yaitu Oen yang beneran konyol.

Seperti komik sebelumnya, komik "Maen Mulu" ini bertema liburan, nggak perlu liburan yang mewah atau ke tempat yang eksklusif, karena liburan yang menyenangkan adalah liburan bareng teman - teman yang absurd, eh maksudnya teman - teman yang selalu kompak, kompak konyolnya.

Teman - teman Oen juga ikut nampang di komik ini, Seperti Tiffany, karakter yang aku anggap paling "normal" di antara teman - teman Oen yang lainnya. Tiffany merupakan gadis cantik sekaligus sahabat Oen yang pintar, pekerja keras, suka diskonan, dan sering ngemil. Lain halnya dengan Krebo, sahabat Oen yang bisa dibilang koenyolnya hampir sama lah ya dengan Oen, Kalau Gembul, sahabat Oen yang jarang muncul di komik ini, mungkin dia pemalu *halah*.


Setting tempat di komik ini merupakan tempat - tempat yang sering kita kunjungi, jadi meskipun koenyol tapi tetap waras dengan jalur setting yang nggak dibuat - buat. Misalnya, kebun binatang, ya tempatnya banyak binatang, bukan tempat Sailormoon atau Bajai bajuri yang bersemayam di kebun binatang. Tapi, menonjolkan sisi koenyolnya dari binatang - binatang yang anti mainstream. Panda yang sering belajar sampai larut, maka dari itu muncul istilah mata panda (karena setiap mata, ada kantongnya).

Sisi koenyol juga bisa bersumber dari analogi, seperti Banana boat, karena menyewa banana boat itu mahal, bisa loh bikin dari batang pisang (yakali hanya terjadi di dalam komik). Unsur - unsur humor yang ringan tapi nggak terduga karena semua kejadian bisa terjadi dalam kehidupan sehari - hari *tepuk tangan yang meriah buat komik Oen*

Tentu saja, komik strip khas Oen makin koenyol tetap ada. Selain ketawa bareng Oen, ada juga game untuk pembaca, bikin karakter wajah si Oen... seruuu... dan hasilnya saat aku coba, wajah Oen kok makin tembem kayak gembul *huahahahahahaha*






3 komentar :

  1. trimakasih infonya,,,
    sangat bermanfaat,,
    mantap,,

    BalasHapus
  2. menarik jika coba menulis tentang pengalaman traveling

    BalasHapus
  3. cocok gak ya buat anak SD? aku jadi pingin beliin buat anakku yang masih SD

    BalasHapus