Selasa, 18 Agustus 2015

#1 Professional : General Affair.

general affair

Penulis : Teguh Hambudi.

Penyunting : Fitria Pratiwi, Zulfa Simatur.

Penerbit : Visimedia.

Cetakan : Pertama, 2015.

ISBN : (13) 978-979-065-241-5








Blurb : 

Menempati posisi sebagai bagian umum perusahaan (general affair) tidaklah mudah. Bagaimana tidak, semua permasalahan teknis rumah tangga perusahaan menjadi tanggung jawabnya. Mulai antisipasi kecelakaan, hingga pelayanan tamu dan karyawan. Tidak heran, bagian ini kerap dijuluki "si kursi panas". Namun, jika anda tahu cara mengatasi setiap permasalahan dalam menjalani tugas bagian umum perusahaan, semua akan terkendali dengan mudah.

Buku ini menjawab kebutuhan anda sebagai bagian umum (general affair) perusahaan modern. Mulai sistem yang terpadu dan terencana, hingga tips dan trik yang akan memudahkan untuk menjalankan tugas - tugas teknis bagian umum perusahaan moder. Buku ini sangat penting untuk dimiliki semua perusahaa yang menginginkan menajemen bagian umumnya lebih baik. Ingatlah, jika bagian umum perusahaan baik, kepuasaan karyawan dan klien juga baik. Hal ini akan mendukung aspek produktivitas hingga citra perusahaan anda.

Resensi :

Bukunya bukan sekedar buku teks book, atau buku seperti mata kuliah dengan berbagai teori tentang general affair tapi mengulas seluk beluk general affair, ada studi kasus maupun cerita inspirasi dengan beberapa general affair yang sukse menjalankan perannya.

Pada awalnya memang penasaran dengan buku ini, apalagi buku tentang hukum maupun human interest lebih banyak yang aku miliki dari penerbit visimedia. Dari cover sudah berpikir "Bukunya keren, tapi apa bisa untuk personal seperti saya, atau hanya text book untuk anak kuliahan atau sebagai pedoman umum yang khsus untuk perusahaan saja?".

Membaca dari bab pertama ini meenarik, karena disuguhi dengan pengalaman dari general affair yang sukses. Dari sini sudah tentu kalau buku ini untuk kalangan manapun, untuk mahasiswa, personal maupun perusahaan. Dengan membaca pengalaman seseorang yang langsung terlibat sebagai general affair di suatu perusahaan, kita akan langsung dapat menggambarkan bagaimana suka duka dalam suatu profesi tersebut. Ya, istilahnya sebagai bahan bakar, sebelum membaca tentang general affair lebih luas.

Pada awalnya pekerjaan general affair hanyalah pekerjaan yang berkaitan dengan performa karyawan. Wah, ternyata menurut buku ini, lingkup general affair sangat lah luas mulai dari performa karyawan, kepuasaan customer, building instrument, building and house keeping management, perizinan dan legal aspek, perizinan tenaga asing, purchasing general affair, pelaksanaan renovasi bangunan dan seleksi kontraktor, pencatatan investaris aset, sistem keamanan, pengemudi, kurir dan pengelolaan ATK, Asuransi, pajak reklame, manajemen tempat kerja.

Serius deh ternyata general affair kedukannya bagai urat nadi untuk suatu perusahaan, penting banget!

"General affair itu kursi panas. Tuntutan akan kualitas dari masing - masing departemen lainnya cukup tinggi. Tidak heran jika departemen general affair selalu mendapatkan peringkat papan bawah dalam penilaian performance antardepartemen - ujar Carla, seorang general manager human resources and general affair (HR and GA) di sebuah perusahaan nasional yang cukup besar."
-Halaman 3-
Kedudukan General affair setiap perusahaan, sangatlah berbeda beda, setidaknya ada 3 model perusahaan yang menempatkan kedudukan general affair dalam struktur perusahaan. Yang pertama, kedudukan general affair yang sama kedudukannya dengan departemen yang lainnya. Yang kedua, kedududukan general affair merupakan divisi yang memiliki cabang - cabang di beberapa divisi. yang terakhir, kedudukan general affair berada dalam dua posisi, sebagai bagian departemen general affair dan bagian dari subdepartemen lain yang berbeda (halaman 11 - 13). Menurut pemahamanku, buku ini mengulas general affair dalam posisi di setiap departemen.

Selain pembahasan tentang job desk general affair di setiap departemen yang diulas dengan detail, buku ini juga dilengkapi lembaran performa general affair, bagaiamana cara mengukur kinerja general affair yang bermanfaat untuk perusahaan maupun sebagai perseoranga. Jika saja buku ini juga diimbangi dengan seminar atau pelatihan untuk perusahaan yang ingin mengembangkan departemen general affair tentu akan sangat bermanfaat, khususnya untuk perusahaan.

Jadi, kamu tertarik bekerja di bagian general affair?


Tidak ada komentar :

Posting Komentar