Kamis, 11 Juli 2013

[Review] Woman Self Defense of Kushin Ryu - Tubuhku, Senjataku


Penulis : Eko Hendrawan
Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia
Halaman : 103 halaman


Woman Self Defense of Kushin Ryu (WSDK) terbentuk berawal dari kegelisahan Shihan H.Sofyan Hambally dalam menyikapi kondisi di Tanah Air yang semakin tidak kondusif, khususnya bagi kaum perempuan. Mendirikan komunitas ini dengan harapan, yakni perempuan harus diberdayakan. Kata Kang Sofyan "Perempuan harus bergerak. mendorong dirinya untuk mengembangkan diri dan memberdayakan kekuatan besarnya yang tersembunyi, kekuatan itu harus diolah."

Kushin Ryu sendiri didirikan oleh Kiyota Sannosuke Ueshima yang lahir pada tahun 1893 di wilayah Hyogo (Kobe), tapi sayang sekali di buku ini tidak dujelaskan apa sih Kushin Ryu? Di buku ini hanya dijelaskan sejarah pendiri Kushin Ryu dan sejarah Kushin Ryu di Indonesia.

Dalam buku ini akan diajarkan latihan dasar yang berkaitan dengan nonteknis, misalnya memberikan sugesti jika perempuan bukan makhluk yang lemah . Memberikan sugesti kepada pikiran dengan kalimat-kalimat " saya tidak lemah" ; "Saya Pasti Bisa" ; "Biar lembut saya memiliki kekuatan.

Sumber kekuatan yang dapat dapat diperoleh dari bersinergi dengan alam, perempuan lebih hebat (dari dalam diri sendiri), dengan cara menghilangkan rasa takut.

10 Teknik Dasar Woman Self Defense of Kushin Ryu yang membuat aku tercengang adalah menggunakan teknik tangan karena memiliki delapan pukulan yang manfaatnya berbeda-beda (mulai dari untuk memukul pangkal hidung hingga alat vital).

Tak kalah menariknya adalah penggunaan alat sederhana yang biasanya tidak jauh dari dunia wanita, ternyata bisa menjadi senjata. Contohnya : Lipstik, kartu ATM dan Bolpoin.

Buku ini lengkap dengan ilustrasi gerakan dasar maupun memeragakan dengan senjata yang sederhana. Langsung deh beli dan coba!!

1 komentar :

komennya dimoderasi dulu ya :)))