Selasa, 28 Januari 2014

Skripsi Krispi : Bukunya Pejuang Skripsi

Skripsi Krispi (koleksi pribadi)

Judul : Skripsi Krispi (Renyahnya Kisah Mahasiswa Nyaris Lulus).
Penulis : Miyosi Ariefiansyah, Triani Retno A., Ifa Avianty, dkk.
Koordinator penulis : Miyosi Ariefiansyah.
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Desember 2010.
ISBN : 978-602-8597-51-7
Halaman : 204 halaman.

Blurb & endorsement :

Buku ini mampu membuat kita meninggalkan kecemasan tentang nasib skripsi yang sedang dihadapi dan merupakan bacaan wajib setiap mahasiswa. Buku ini sanggup memotivasi kita untuk tidak merasa susah sendirian saat menyelesaikan skripsi, sebab ternyata sudah banyak yang telah melewati jalan itu dan bisa menjadi pemenang. Lewat buku ini, buktikan Anda pun bisa!

Ir.Shahnaz Haque-Ramadhan, Artis dan alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Bagi para mantan mahasiswa yang sudah lulus sarjana, saat mengerjakan skripsi biasanya memiliki pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan, baik yang manis maupun yang pahit. Buku ini kaya akan kisah - kisah sukses saat mengerjakan skripsi - walaupun dilalui dengan pahit - manisnya - dan strategi - strategi sukses yang digambarkan lewat bahasa yang ringan dan enak dibaca. Buku ini cocok dibaca oleh para mahasiswa yang sedang dan akan mengerjakan skripsi sehingga dapat lebih siap secara emosional. Dr.Ir.M.Ruslin Anwar, Dosen Fakultas Teknik UB.

Lepas dari isu utama : liku - liku pengalaman orang - orang hebat saat menyusun skripsi, spirit buku ini mengabarkan kepada dunia bahwa seseorang yang mampu melewati titik kritis dalam hidupnya seolah akan terlahir kembali sebagai pribadi yang lebih bertenaga. Ini adalah buku yang berbagi perihal kecerdasan kegetiran. Anda tak harus "berhubungan langsung" dengan skripsi untuk menjiwai kisah - kisah bernas perihal skripsi ini.

Tasaro GK, penulis novel Muhammad ; Lelaki Penggenggam Hujan, mahasiswa yang belum pernah menghadapi ujian skripsi.

Resensi :

Pada tahun 2013 hinggan awal tahun 2014. Banyak buku yang bertema seputar dunia sekolah maupun dunia kampus dengan tutur cerita yang gokil. Eh enggak disangka ketika pertama kali melihat buku Skripsi Krispi ini, ternyata buku ini terbit tahun 2010 dan ceritanya enggak kalah sama buku - buku yang bertema gokil. Meskipun penulisnya memang sudah tak mudah lagi.

Penerbit Indie yang memang memiliki banyak keterbatasan, karena kertas bukunya bukan kertas novel. Jadi ya kalau dibawa kemana - mana agak berat juga. Tetapi enggak melunturkan senyum ketika membaca buku Skripsi Krispi ini. Dua puluh cerita memiliki benang merah, yaitu menceritakan bagaimana perjuangan yang sangat "berdarah - darah" ketika menghadapi skripsi. Namun, dibalik perjuangan yang keras, pada akhirnya menikmati buah dari perjuangan yang enggak sia - sia.

Cerita pertama yaitu berjudul "Gelar Double Degree Berhasil Kudapatkan Setelah Melewati Malam Berdarah Menjelang Kelulusan" dari Miyosi Ariefiansyah. Cerita dengan pembawaan konyol ini, mencuri perhatian. Karena, setelah membaca cerita tersebut ingin melanjutkan cerita - cerita perjuangan ketika menghadapi skripsi yang berikutnya.

Perjalanan Miyosi Ariefiansyah untuk "bertempur" dengan dosen yang killer nampak penuh perjuangan, namun dilakukannya dengan serius. Itu karena Miyosi ingin sekali mencapai cita - citanya. Judul skripsi pun tidak asal ambil saja, memilih judul juga bertujuan sebagai kontribusi mahasiswa dalam pembangunan.

Kerikil - kerikil dalam menjalani skripsi juga dirasakan Miyosi, apalagi sampai rela putus dengan calon suaminya karena memang perasaan Miyosi saat itu cenderung sensitif. Berbagai kesulitan yang dihadapi, perlahan - lahan menemukan titik terang dari perjuangan skripsi yang melelahkan. Apalagi mendapatkan kebahagiaan yang berkali - kali lipat.

Di dalam buku ini juga terdapat tips - tips untuk mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi. Buku ini hadir sebagai teman agar semua mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi tidak merasa sendirian. Sesungguhnya, ujian saat skripsi adalah ujian yang sangat kecil. Karena ujian sesungguhnya adalah setelah melewati proses skripsi yaitu ujian kehidupan.

Coretan 1 : Menjelang Skripsi
  • Tetapkan niat yang kuat dari dalam hati untuk menyelesaikan skripsi.
  • Ubahlah paradigma negatif tentang skripsi dengan berpikir bahwa skripsi bukanlah sesuatu yang mesti ditakuti.
  • Tuliskan kata - kata penuh semangat untuk menjaga agar semangat tidak kendur.
          (halaman 23)

10 komentar :

  1. tipsnya keren ya di buku ini. apalagi buat mahasiswa tingkat akhir biasanya ketakutan itu kuncul karena kurang siap dengan tema yang diambil. kalo dia siap pasti ga bakal takut ketemu sama dosennya.

    BalasHapus
  2. nulis skripsi mmg perjuangan! dan buku semacam ini bnr2 membantu
    makasih ya sudah mampir

    BalasHapus
  3. hehehe, buku ini cocok sekali buat mahasiswa/i tingkat akhir hehe

    BalasHapus
  4. Skripsi Krispi! :) Makasih ya, Mbak :)

    BalasHapus