Senin, 13 Oktober 2014

Make It Happen!

Make it happen!



Judul : Make It Happen! (Buku Pintar Rencana Keuangan Untuk Wujudkan mimpi).

Penulis : Prita Hapsari Ghozie.

Tahun terbit : 2013.

Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama.

ISBN : 978-979-22-9542-9.



Blurb : 

Pernah bermimpi ingin...

Memiliki rumah yang indah tempat berkumpulnya keluarga? Memiliki kendaraan sehingga tidak perlu repot berpindah tempat ke sana kemari? Melihat anak - anak tumubuh bahagia dan mengantarkan mereka menjadi the best that they can be tanpa mengkhawatirkan dana pendidikannya? Hidup nyaman dan meraih kebebasan finansial meski sudah tidak lagi bekerja?..., tapi saat ini masih bisa memiliki kehidupan sosial yang menyenangkan.

Make It Happen! Buku ini berisi tentang tahapan - tahapan dalam perencanaan keuangan untuk mewujudkan berbagai mimpi Anda. Dirangkum dalam ilustrasi yang sangat menarik dan bahasa yang membumi, buku ini dapat menjadi panduan bagi siapa saja.

Tidak ketinggalan, Anda bisa temukan rajutan kisah inspiratif para sahabat Prita : Merry Riana, Moza Pramita, dan Ria Hanin "Coffe Toffe" di buku ini.

Buku yang hanya ditulis untuk menginspirasi Anda meraih mimpi, tapi juga menjadikan kehidupan Anda lebih baik dan sejahtera.


Resensi :

Ketika memutuskan untuk membaca buku ini, yang ada di pikiranku saat itu adalah sebuah buku yang menginspirasi, buku yang banyak mengupas kisah - kisah orang yang sukses dalam menggapai mimpi dengan cara sukses menerapkan perencanaan keuangan.

Ternyata tidak! bayanganku berbeda ketika membawa bab awal dalam buku ini, langsung mengajak kita untuk bermimpi dan step by step untuk mengejar mimpi, terdapat semacam kuis kecil di setiap babnya, ketika melihat hasilnya jadi nyengir - nyengir sendiri, saat tahu hasilnya. Ya, memang aku masih awam dalam hal perencanaan keuangan, masih perlu banyak belajar.

Layout isi buku Make It Happen! memiliki keunikan, warna - warna yang soft, beberapa kutipan yang dibuat berbeda, ornamen - ornamen kecil yang menghiasa sisi halaman, membuat buku tidak seperti  textbook melainkan seperti layaknya diary yang bisa mengungkapkan "Apa sih yang salah dalam pengelolaa keuangan kita?"

Porsi yang diberikan dalam buku ini lebih banyak praktek, contoh kasus dan tentunya teori khususnya untuk menghitung investasi maupun asuransi. Membaca buku ini seperti naik tangga untuk menggapai impian kita. Ketika kita naik tangga setahap demi setahap, kita akan dihadapi pelbagai persoalan yang biasa kita jumpai saat menggapai impian. Begitu pula dengan buku ini, setelah kita menuliskan apa yang menjadi mimpi kita (memiliki rumah, tabungan pendidikan, jalan - jalan ke luar negeri, naik haji, dll) dalam bab berikutnya akan memperdalam perencanaan yang akan kita buat untuk menggapai impian tersebut, mulai dari mengenali apa itu investari, asuransi, bagaimana resiko - resiko yang dihadapi, pelbagai tabel perhitungan dan juga tidak ketinggalan yaitu contoh kasus.

Prita hapsari ghozie sepertinya tidak setengah - setengah memberikan ilmunya ketika menulis buku Make It Happen ini, bagaimana tidak, semakin dibaca, semakin menyadarkan bahwa banyak tahapan untuk perencanaan keuangan yang tujuannya memang untuk mewujudkan impian kita. Misalnya : memilih dan menghitung KPR, Mempersiapkan dana untuk anak yang dimulai dari dana persalinan, dan masih banyak lagi. Mengupas tuntas bagaimana meraih impian.

Price is what you pay. Value is what you get. -Warrent Buffet-

3 komentar :

  1. udah lama masukin buku ini ke whislist tp sampai sekarang blum kesampaian aja...

    BalasHapus
  2. Buku yang keren, jadi kepengen beli..

    BalasHapus

komennya dimoderasi dulu ya :)))