Selasa, 29 Agustus 2017

Passion Stories

Judul : Passion Stories.

Penulis : Qalbinur Nawawi.

Editor : Fachmy Casofa.

Penerbit : Metagraf, Creative Imprint of Tiga Serangkai.

Cetakan pertama Mei 2017.

ISBN : 978-602-6328-28-1








Blurb :

Belajar bagaimana pentingnya menjadi diri sendiri dari Rinni Wulandari. Terus belajar dan memperbaharui diri seperti Hendy Setiono. Membangun relasi dan kerja tuntas seperti Sandiaga Uno. Mau berproses dari “bawah” seperti Dion Wiyoko. Menjadi sosok yang unik seperti Whulandary Herman. Punya target yang dikejar seperti Arbain Rambey dan Taufik Hidayat. Berani total seperti Umar Syarief. Asah kemampuan sambil berkarya dari Dewa Budjana. Dan punya sistem produktivitas seperti Dewi Lestari.




Review.

Buku ini terdiri dari cerita inspiratif dari 10 tokoh, mulai dari aktor hingga atlit dalam proses mencari passion dalam hidupnya. Sebenarnya bakat atau kerja keras yang bisa menemukan passion di dalam diri kita? Atau ada jalan lain untuk menemukan passion?

Buku yang ala biografi tetapi dikemas dalam bentuk tanya jawab dari penulis (Qalbinur Nawawi) ke narasumber (10 tokoh). Antara lain :

1. Hendy Setiono.

2. Sandiaga Uno.

3. Dewa Budjana.

4. Dion Wiyoko.

5. Arbain Rambey.

6. Whulandary Herman.

7. Umar Syarief.

8. Rinni Wulandari.

9. Dewi Lestari.

10. Taufik Hidayat.


Bisa dibilang seperti biografi, namun dikemas dalam tanya jawab antara penulis dan para tokoh, kehidupan yang diceritakan seputar pencapaian, kesulitan, dan "sesuatu" yang membuat para tokoh dalam buku ini menemukan passion. Banyak cerita dan ternyata banyak sudut pandang yang membuat para tokoh bisa mencapai hidupnya seperti saat ini. Kalau menurutku, mereka menemukan "panggilan hati" dan tidak pernah merasa puas diri. Semua dilakukan secara total, seperti ketiga tokoh yang aku ulas, ambil 3 aja ya biar nggak terasa spoiler 😆.

Rini Wulandari.

Jebolan Indonesian Idol yang memang menarik perhatian, karena perjuangan tidak akan pernah berhenti, meskipun menjadi pemenang, bukan berarti akhir dan menjadi kita bermalas - malas. Justru saat acara Idol berkahir, Rini Wulandari harus tetap berjuang dalam karirnya, perjuangan terasa berat saat kontrak dengan label yang menaunginya saat menjadi juara telah berakhir. Rini memilki taste akan musik sangat berbeda, keluar dari zona nyaman.

Saat memilih Re-branding dan menjadi manajer diri sendiri, banyak penolakan yang diterima Rini, beberapa label menolak selera musik Rini karena tidak sesuai dengan pasar.

"Karen musik itu harus mendeskripsikan identitas. Cuma balik lagi, banyak juga penyanyi yang tidak memikirkan passion-nya dalam bermusik. Berarti mereka tujuannya sudah berbeda." (hal 110).

Survive dengan branding sebagai penyanyi RnB, kini Rini telah menggandenga sebuah label untuk dua albumnya. 

"Percaya dengan diri sendiri. Jadi diri sendiri. Setiap ada peluang seperti kompetisi bernyanyi, bikin channel Youtube untuk mengeluarkan karya, atau semua hal yang bisa dicapai, jalanin saja. Semuanya justru kalau perlu. Kemudian, jangan pernah mengeluh sama proses yang kamu jalanin." (hal 117).

Arbain Rambey.

Jika ingin mengejar passion, berjuanglah! Seperti kisah Arbain Rambey, fotografer senior yang tak diragukan lagi hasil bidikannya. Ternyata, jalan menjadi wartawan sempat membuat keluarga Arbain Rambey kecewa, karena beliau ini menempuh kuliah jurusan teknik sipil di ITB, eh malah memilih menjadi wartawan.

Awal karir Arbain Rambey menjadi wartawan Kompas rubrik olahraga, yang dulunya menjadi wartawan tulis, pindah ke divisi fotografi, "hanya" membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Meskipun karir beliau cemerlang (tentunya ada kerja keras), ternyata saat ditanya, beliau mengungkapkan kalau fotografi bukan passion yang pertama. Wah baru tau nih kalau passion ada lebih dari satu.

"Kenapa saya bisa lolos dari segala macam cobaan, karena saya cinta dengan apa yang saya lakukan" (hal. 67).


Dewi Lestari.

Siapa nih yang kenal Dewi Lestari dari karir menyanyinya, yaitu saat bergabung di grup vokal RSD (Rida Sita Dewi). Perjalanan karir Dewi Lestari atau yang akrab dipanggil Dee, memang terjadi lompatan yang jauh, dari penyanyi ke penulis novel!

"Sepertinya harus dibedakan antara prespektif karier dan perspektif renjana atau passion. Menulis dan bermusik adalah hobi dan passion saya sejak kecil, berkarier di kedua bidang tersebut menjadi akibat dari sebuah sebab." (hal. 122)
Sekela Dee pernah di-PHP oleh majalah loh, alias naskahnya tidak ditanggapi, dan saat mengikuti lomba menulis, tidak menang. Bagi teman - teman yang menjadikan writer's block sebagai "ancaman" yang paling kuat. ini nih, ada pesan dari Dee :

Mood dan Writer's block adalah tantangan nyata yang selalu terjadi pada setiap penulis, termasuk saya. Jadi, tidak ada yang spesial dari kedua hal itu. Yang membedakan adalah bagaimana kita menyikapinya.(hal. 128)



Layout buku ini cukup menarik karena menggunakan warna hijau yang seger dan beberapa quote yang memberikan semangat. Tapi, kalau boleh usul nih, kurang sreg dengan ukuran dan kertasnya, berasa seperti baca buku pelajaran. Padahal isinya bagus banget loh. Paket lengkap, bisa baca banyak kisah inspiratif dalam satu buku.

2 komentar :

  1. membaca biografi seseorag itu memang menarik, ga sedikit banyak motivasi dan inspirasi didalamnya apalagi jika mengangkat kisah orang yang sukses,

    baca buku sejenis ini bisa mendapatkan cambuk ambisi kita agar lebih terarah dalam meraihnya.

    Saya tau Dee sebagai penulis, bukan penyanyi, yahh kalau tidak baca ini mungkin saya tidak tahu kalau dia penyanyi

    BalasHapus

moderasi dulu yaaa